Watu Goyang, Wisata Alam Yang Menyimpan Cerita Legenda Di Bantul

Watu Goyang, Bantul, Jogja – Tiket masuk, fasilitas, rute, lokasi menuju Watu Goyang. Bicara tentang  destinasi wisata di Jogja memang tidak pernah habis. Karena itu, banyak wisatawan local dan mancanegara yang datang ke Jogja untuk berwisata. Mulai dari wisata kuliner, religi, sampai wisata alam. Jika Anda menyukai destinasi wisata alam yang indah, Watu Goyang adalah destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan.

Watu Goyang

Berwisata Alam Sambil Mengenal Cerita Legenda Dalam Watu Goyang, Bantul

Nama Watu Goyang memiliki arti Batu Goyang dalam Bahasa Jawa. Nama ini berasal dari sebuah batu yang ada di bagian puncak yang bisa bergoyang saat disentuh atau didorong. Kabarnya, batu ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Uniknya lagi, batu ini memiliki struktur berupa tonjolan – tonjolan yang unik.

Meski bisa bergerak, tidak pernah ada cerita bahwa batu ini pernah roboh. Akan tetapi, pihak pengelola menghimbau bahkan melarang keras setiap pengunjung untuk mencoba menaiki batu ini. Karena hal tersebut bisa sangat berbahaya terhadap keamanan pengunjung.

Selain keberadaan batu raksasa ini, Watu Goyang juga memiliki daya tarik dari sisi pemandangan alamnya. Pemandangan alam dari puncak Watu Gunung menampilkan pemandangan alam yang hijau, lengkap dengan pemandangan gunung merapi yang sangat alami. Sangat cocok untuk Anda yang jenuh dengan rutinitas kehidupan kota.

Watu Goyang – Photo by @momskygabriel

Jika Anda datang pada pagi hari, Anda akan melihat indahnya pemandangan pagi hari dan matahari terbit dari tempat ini. Kabut yang ada di tempat ini pada pagi hari akan membuat Anda merasa seperti berada di atas awan. Selain itu, Anda juga akan merasakan sejuknya suhu udara di tempat ini. Dan meskipun Anda datang di siang hari saat matahari sedang terik, hembusan angin di tempat ini juga tetap terasa sejuk.

Jika Anda merasa pemandangan matahari terbit di Watu Goyang adalah yang terbaik, maka Anda harus melihat pemandangan matahari terbenam di tempat ini. Watu Goyang berada persis di menghadap barat. Sehingga pemandangan matahari terbenam dari tempat ini bisa dikatakan sempurna. Anda tidak akan menyesali pengalaman melihat matahari terbenam dari tempat ini.

Selain menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di puncak Watu Goyang, Anda juga bisa turun dan menikmati suasana di kawasan Watu Goyang. Ada sebuah taman bunga yang cantik dengan hamparan bunga matahari dan berbagai macam jenis bunga lain yang indah. Anda bisa mengambil banyak foto untuk mengabadikan keindahan di tempat ini.

Selain kebun bunga, ada juga banyak spot selfie yang menarik untuk Anda bidik dengan kamera. Biasanya, para pengunjung akan mengambil foto di tempat – tempat instagramable ini untuk diunggah ke media social. Beberapa spot selfie yang menarik dan cantik di kawasan Watu Goyang adalah gardu pandang yang berbentuk mirip helicopter, spot foto bunga, dan berbagai spot lainnya.

Lokasi Watu Goyang

Lokasi Watu Goyang cukup strategis untuk diakses dari jalan umum. Jalan menuju ke lokasi wisata ini juga telah mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas sehingga layak untuk diakses. Meskipun beberapa kilometer sebelum lokasi Watu Gunung masih terdapat jalanan berbatu yang belum diaspal sehingga akan cukup sulit untuk melewatinya.

Watu Goyang – Photo by @roh_kyt

Meskipun begitu, waktu tempuh menuju puncak Watu Gunung hanya menghabiskan sekitar 10 – 15 menit. Bagi sebagian orang, perjalanan ini memang cukup melelahkan. Akan tetapi, begitu sampai di puncak semua rasa lelah itu akan segera terbayarkan. Pemandangan dari puncak Watu Gunung begitu indah dan akan membuat liburan Anda menjadi berkesan.

Anda bisa mengunjungi Watu Gunung di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, jarak dari pusat kota Jogja menuju Watu Gunung ini tidak terlalu jauh. Anda bisa datang ke Watu Goyang dengan menggunakan kendaraan pribadi, umum, atau bahkan datang bersama rombongan.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Rute Menuju Watu Goyang

Jarak dari pusat kota Jogja ke Watu Goyang tidak terlalu jauh. Kurang lebih berjarak 18,8 kilometer. Sehingga, jika Anda menggunakan kendaraan motor, Anda bisa sampai ke Watu Goyang hanya dalam waktu sekitar 38 menit. Waktu tempuh ini tentu saja sangat bergantung dengan kondisi jalan yang Anda lalui. Jika kondisi jalan cukup padat seperti di akhir pekan atau libur nasional, bisa jadi Anda memerlukan waktu tempuh yang lebih panjang.

Anda bisa sampai ke Watu Goyang dengan mengambil arah ke Jalan Pangurakan dari pusat Kota Jogja. Selanjutnya ambil jalan melewati Jalan Brigjend Katamso dan lanjut ke Jalan Kolonel Sugiono. Setelah sampai di pertigaan, ambil arah ke Jalan Sisingamangaraja dan lurus terus ke Jalan Imogiri Barat. Lalu lanjut ke Jalan Bakulan Imogiri dan terus ke Jalan Makan Raja.

Setelah sampai di pertigaan, ambil arah selatan menuju Jalan Imogiri – Dlingo. Lalu ambil arah utara di peremptan ke Jalan Watu Goyang. Dari sini, Anda tinggal mengikuti jalan hingga sampai ke Watu Goyang.

Watu Goyang – Photo by @gunawanwicaksana28

Fasilitas di Watu Goyang

Watu Goyang memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai tempat wisata. Berbagai fasilitas ini merupakan dukungan dari berbagai pihak yang mendapatkan manfaat langsung maupun tidak langsung dari keberadaan Watu Goyang sebagai destinasi wisata. Misalnya seperti pembangunan dari pengelola, dukungan masyarakat setempat, dan juga bantuan dari pemerintah.

Ada berbagai macam fasilitas yang cukup memadai yang bisa Anda temukan di Watu Goyang. Mulai dari yang paling umum seperti toilet umum dan mushola, juga warung makan dan minum serta gazebo. Jadi, Anda bisa dengan mudah mencari tempat istirahat sejenak atau mencari kudapan saat lapar.

Bagi Anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun rombongan, area parkir di Watu Goyang juga cukup luas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan tempat parkir saat berkunjung ke Watu Goyang.

Jam Operasional Watu Goyang

Watu Goyang dibuka sepanjang hari alias selama 24 jam. Jadi, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja dari hari Senin sampai dengan Minggu. Anda yang ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam bisa datang ke tempat ini. Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam di sini untuk dilihat saja atau pun untuk diabadikan dalam bentuk foto.

Tiket Masuk Watu Goyang

Untuk bisa masuk ke daerah wisata Watu Goyang, Anda bisa datang kapan saja tanpa biaya atau gratis. Akan tetapi, jika Anda membawa kendaraan, Anda perlu membayar biaya parkir sesuai jenis kendaraan yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan sepeda motor, biaya parkir yang perlu Anda bayarkan adalah sebesar 3000 Rupiah. Sedangkan jika menggunakan mobil sebesar 7000 Rupiah. Jika Anda datang bersama rombongan menggunakan minibus, biaya parkirnya adalah sebesar 15.000 Rupiah dan untuk bus sebesar 20.000 Rupiah.

Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata ini dalam daftar tempat kunjungan Paket Wisata Jogja. Atau menggunakan rental mobil jogja sudah termasuk mobil + driver + bbm.

Sudah Wisata di Watu Goyang ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *