Watu Goyang – Spot Foto Kekinian di Yogyakarta

Watu Goyang – Kota Jogja selalu menyajikan tempat wisata-wisata baru yang diminati oleh para wisatawan yang gemar berpergian ke tempat-tempat alam. Dan Bantul merupakan salah satu kabupaten di Kota Yogyakarta yang memiliki segudang tempat wisata alam kekinian dan tentunya selalu memiliki spot-spot keren dan sangat unik untuk berfoto bersama keluarga, sahabat, dan teman-teman. Hal itu terbukti dengan adanya wisata Bukit Panguk Kediwung yang sedang hits di sosial media, dan juga wisata Seribu Batu Songgo langit yang terkenal dengan spot Rumah Hobbitsnya. Kini ada tempat wisata lagi yang tidak kalah serunya dengan tempat-tempat wisata tersebut yaitu Watu Goyang. Watu Goyang Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kalangan para traveler yang memiliki spot-spot selfie unik dan tentunya sangat instagramable sekali.

Watu Goyang – Photo by @momskygabriel

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Watu Goyang

Watu Goyang Dlingo Bantul memiliki pemandangan alam yang cukup bagus juga untuk dinikmati. Dari atas sini kita dapat melihat pemandangan Kota Joga yang berada di bawah singgah sana. Terlihat pula makam-makam para raja dari atas bukit watu goyang ini. Pemandangan alam yang hijau serta gunung merapi terlihat begitu alami sekali. Sangat cocok bagi para traveler yang datang untuk menghilangkan rasa bosan dengan aktivitas sehari-sehari. Pada saat liburan, wisata watu goyang bantul ini dapat menjadi salah satu alternative wisata yang bagus untuk anda.

Disebut sebagai Wisata Watu Goyang karena banyak sekali terdapat bebatuan besar yang bergoyang di sana. Meskipun batu tersebut bisa bergoyang, tetapi tetap akan terasa aman karena batu-batu tersebut tidak akan menggelinding ke bawah jurang. Menurut pengelola tempat wisata ini, telah terbukti batu besar tersebut aman-aman saja sejak jutaan tahun yang lalu. Di puncak bukit terdapat tulisan “Watu Goyang” dapat digunakan sebagai property untuk berfoto.

Wisata Puncak Watu Goyang ini mulai diberdayakan oleh masyarakat sekitar pertengahan tahun 2016 lalu namun baru benar-benar dinikmati beberapa waktu ini dengan pembukaan akses jalan yang dibantu oleh Pemda dan fasilitas lainnya seperti parkir dan toilet serta beberapa gazebo sebagai tempat peristirahatan. Puncak Watu Goyang dapat dinikmati kapan saja baik pagi, siang maupun malam. Namun akan lebih asyik dikunjungi saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Berada di atas bukit wisata watu goyang imogiri bantul ini, pengunjung akan merasakan kesejukan dari udara yang segar terutama pada pagi hari tiba. Saat di siang hari meskipun cuaca sedang panas-panasnya pun hembusan angin yang menyapa tetapterasa segar dan begitu nyaman. Hal ini akan merelaksasikan otak dan pikiran anda. Di lokasi tersebut pula, bebatuan besar yang bagus juga dapat digunakan oleh para pengunjung sebagai latar belakang foto untuk berfoto selfie. Dan banyak juga pepohonan hijau sebagai tempat berteduh bila terik matahari dirasa cukup panas menyengat badan.

Dari atas puncak bukit, para pengunjung juga akan melihat awan pekat yang menyelimuti area wisata tersebut. Terutama saat pagi hari tiba, akan Nampak sangat pekat awan-awan di sana. Disarankan bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini ketika pagi hari ataupun sore hari karena pemandangan di wisata watu goyang imogiri bantul sangat indah pada saat ituapalagi pemandangan sunrise alias matahari terbit saat pagi, dan juga sunset atau matahari terbenam saat sore hari.

Watu Goyang – Photo by @gunawanwicaksana28

Spot-spot foto selfie cukup beragam dan bermacam-macam. Inilah yangpaling ramai diburu oleh para wisatawan. Foto-foto mengenai spot-spot pemandangan unik itu sudah menyebar luas di sosial media dan peminatnya pun cukup banyak sekali. Adapun spot-spot foto selfie yang paling banyak diminati adalah spot batu, spot helicopter, dan spot bamboo i love you. Semuanya merupakan spot yang paling banyak digemari oleh kaum pasangan muda mudi di Indonesia.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi parkir yang sangat luas juga menjadi salah satu fasilitas utama yang menguntungkan bagi wisatawan, jadi wisatawan tidak perlu bingung lagi dimana harus memarkirkan kendaraan karena lahan parker di sini begitu luas dan dapat menampung hingga ratusan mobil dan motor. Serta untuk menuju lokasi ini, akses jalan setapak demi setapak yang menyerupai tangga telah tertata dengan rapi sedemikian rupa guna memudahkan perjalanan anda. Perjalanan menuju puncak sekitar 10 sampai 15 menit dan ini cukup menguras tenaga anda. Tetapi sesampainya di atas bukit, rasa lelah akan terasa hilang karena bisa menikmati segala pemandangan alam dari ketinggian bukit. Membawa bekal berupa makanan dan minuman juga perlu dilakukan guna mengatasi rasa lapar dan mengganjal perut serta menambah stamina untuk berjalan. Tetapi, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Karena keindahan dan keasrian alam ini akan sirna dengan banyaknya sampah-sampah berserakan yang terdapat di atas bukit.

Lokasi Watu Goyang

Lokasi Watu Goyang ini tepatnya berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Masih di kawasan mangunan, sebelumnya juga sudah ada wisata yang keren pula yaitu Kebun Buah Mangunan, selain itu tak jauh juga terdapat tempat wisata hutan pinus mangunan dan tebing watu mabur. Jadi, anda juga bisa sekalian mampir kesana untuk menikmati indahnya pemandangan alam.

TIket Masuk Watu Goyang

Wisata Watu Goyang Bantul ini terbilang masih baru dan masih dalam proses pengembangan juga, meski begitu sudah banyak sekali pengunjung yang berdatangan meramaikan tempat ini. Belum ada biaya retribusi yang dikenakan ke pada para pengunjung. Mereka cukup membayar tiket masuk watu goyang berupa biaya parkir saja sebesar 3.000 rupiah untuk parkir sepeda motor dan 7.000 rupiah untuk parkir mobil.

Rute Menuju Watu Goyang

Rute menuju watu goyang ini mudah untuk ditempuh karena dekat sekali dengan jalanan raya. Jika dari Imogiri timur, langsung saja arahkan kendaraan menuju arah ke Desa Mangunan, terdapat juga makam raja-raja kesultanan Yogyakarta yang terlihat dari jalan. Saat menanjak naik, perhatikan sebelah kiri jalan, nanti akan ada papan nama Restoran Bumi Langit. Jika telah menemukan papan nama tersebut, maka lokasi menuju wisata puncak Watu Goyang sudah dekat.

Watu Goyang – Photo by @roh_kyt

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Watu Goyang

Ketika menuju lokasi, jalanan sedikit berbatu namun tenang saja, masih dalam tingkat kewajaran. Untuk lokasi parkir masih berupa tanah luas yang diratakan dengan sengaja yang tentunya akan menjadi licin ketika hujan tiba. Parkirkanlah kendaraan pribadi anda dan langsung saja jalan menuju anak tangga yang telah dibuat untuk naik ke puncak Watu Goyang. Berjalan dari tempat parkir hingga menuju puncak watu goyang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit. Bukitnya tidak terlalu tinggi dan tangga yang dibuat sudah sangat nyaman untuk pejalan kaki. Sebelum mencapai puncak nanti anda akan menemui persimpangan yang memisahkan dua lokasi yang berbeda. Jika anda ke sebelah kiri maka akan langsung menuju puncak watu goyang. Namun jika anda pergi ke sebelah kanan maka anda akan menuju Watu Lincip yang aksesnya sedikit kumuh. Sebelah timur dari watu lincip, terdapat gazebo-gazebo besar yang biasa digunakan untuk menampung para pengunjung yang ingin melakukan makrab atau sekedar melakukan camping disana.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi wisata Watu Goyang ini? Tentu saja anda tidak akan menyesal jika memutuskan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata yang unik ini karena menawarkan pemandangan-pemandangan alam nan indah yang tentunya akan membuat anda rindu untuk kembali ke sini lagi suatu saat nanti.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *