Watu Payung – Tempat Wisata Menarik di Gunung Kidul

Watu Payung – Satu hal yang baru yang ditawarkan oleh Kabupaten Gunungkidul yang wajib anda kunjungi. Watu Payung Gunungkidul namanya. Tempat wisata ini menawarkan suasana alam pedesaan alami yang dialiri oleh sungai Oya. Kawasan wisata ini masih terasa asri sekali suasananya karena belum banyak dikunjungi oleh orang-orang. Hal ini menjadikan salah satu pesona keindahan yang ditawarkan oleh Watu Payung Gunungkidul.

Watu Payung – Photo by @dimas.hy

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Watu Payung

Watu payung merupakan wisata alam yang menawarkan objek wisata gardu pandang seperti yang terdapat di tempat wisata Green Village Gedangsari. Di sini, anda bisa melihat pemandangan alam dihiasi wilayah perbukitan Gunungkidul dan juga pernak-pernik alam lainnya. Pepohonan jati yang menghiasi setiap perbukitan dan dipadu dengan suara gemercik dari aliran sungai Oya ini akan menambah keindahan alam bagi mata yang melihatnya. Lokasi Watu Payung juga sangat mudah untuk ditemukan, jika anda bingung anda bisa mencarinya lewat maps yang berada di browser anda masing-masing.

Watu Payung juga memiliki nama lain yaitu Geoforest turunan karena lokasinya yang berada di kawasan hutan perbukitan karst. Lebih tepatnya beralamatkan di Padukuhan Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan yang dipenuhi oleh batu-batu ini lalu dikenal oleh banyak masyarakat sekitar sehingga mereka menamakannya demikian. Watu dalam bahasa Jawa berarti batu.

Watu Payung – Photo by @ditjenphppl

Terdapat banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini seperti tracking, mengunjungi goa, menikmati air terjun, dan lain sebagainya. Yang pasti, hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik untuk anda. Bagi anda yang suka tracking dengan medan yang menantang, di sini terdapat jalan setapak yang cukup terjal. Dan apabila anda berhasil melewatinya, anda akan menemukan goad an air terjun yang tersembunyi itu. Harga tiket masuk Watu Payung juga bisa dibilang tidak merogoh kantong anda dalam-dalam alias murah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kawasan ini masih dikelola oleh beberapa warga sekitar dan belum diresmikan oleh pemerintah. Maka dari itu, tidak ada tiket masuk menuju kawasan wisata ini. Namun anda bisa membayar biaya retribusi seikhlasnya. Biaya tersebut dibayarkan sebagai bentuk dukungan untuk pengelolaan tempat wisata ini. Jangan lupa, anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan pribadi di hari-hari libur.

Untuk menuju kawasan wisata ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi saja. Tidak ada jalur angkutan umum yang melewati daerah ini. Jika anda datang menggunakan sepeda motor, pastikan jenis motor anda adalah yang memiliki clearance tinggi dan bukan matic. Karena akses jalan menuju parkiran terbilang cukup sulit untuk motor. Sedangkan untuk mobil, anda bisa memarkirkan mobil anda di tepi jalan raya Turunan Gedad, karena tempat parkir di kawasan wisata ini cukup sempit. Rute menuju Watu Payung juga sangat mudah untuk dilalui.

Watu Payung – Photo by @gunawanwicaksana28

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Watu Payung

Setelah memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang disediakan, anda bisa langsung menuju spot gardu pandang dengan berjalan kaki. Di sini, anda bisa bebas berfoto ria bersama teman-teman atau menikmati pemandangan alam yang disuguhkan. Yang pasti, pengalaman anda akan terasa sangat seru jika berkunjung ke watu payung ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *