Makam Imogiri Jogja, Makam Para Raja-Raja Kasultanan dan Kasunanan

Makam Raja- Raja Imogiri Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi menuju Makam Raja- Raja Imogiri. Yogyakarta atau biasa dikenal dengan nama Jogja merupakan salah satu daerah yang terletak di bagian tengah pulau jawa. Jogja kini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan Jogja memiliki berbagai wisata yang dapat memanjakan para wisatawannya.

Selain itu, jogja juga merupakan salah satu daerah yang kental dengan adat kejawennya atau adat jawa kuno. Buktinya, hingga sekarang pemerintahan jogja masih dipimpin oleh seorang Sultan. DI Jogja juga terdapat salah satu tempat yang disakralkan dan menjadi tempat tujuan ziarah para masyarakat Jogja dan luar Jogja.

Tempat tersebut bernama Makam Imogiri Jogja. Makam Imogiri Jogja merupakan sebuah kompleks pemakaman bagi Raja-Raja Mataram beserta keturunannya, seperti raja-raja Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Makam Imogiri Jogja terletak di sebuah gunung atau bukit yang berada di Kab Bantul, Yogyakarta. Makam Imogiri Jogja menjadi tempat ziarah bagi umat inslam terbesar di Yogyakarta

Makam Imogiri Jogja

Wisata Religi Di Makam Para Raja-Raja Yogyakarta

Makam Imogiri Jogja adalah sebuah area pemakaman bagi para raja-raja Mataram. Makam Imogiri Jogja terletak di perbukitan Imogiri di Kab. Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini memang merupakan tempat yang diperuntukkan untuk makam para raja dan kerabat kerajaan Mataram Beserta keturunannya.

Masyarakat sekitar meyakini bahwa bukit dapat menyimbolkan status dan dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dipilihnya bukit di Bantul yang bernama Pajimatan Girirejo sebagai tempat pemakaman raja ternyata mempunyai cerita tersendiri.

Menurut masyarakat setempat, dahulu ketika Sutan Agung sedang mencari tanah sebagai tempat pemakaman khusus sultan dan keluarganya, beliau melempar segenggam tanah yang di bawanya dari Arab. Kemudian pasir tersebut mendarat di perbukitan Imogiri. Maka dari itu, Sultan Agung memilih perbukitan Imogiri sebagai tempat pemakaman raja Mataram.

Kompleks pemakaman Imogiri mulai dibangun pada tahun 1632 M. Makam ini dibangun dan diarsiteki oleh seorang bernama Kyai Tumenggung Tjitrokoesoemo yang diperintah langsung oleh Sultan Agung. Setelah kompleks pemakaman ini jadi, 13 tahun kemudian Sultan Agung wafat dan dimakamkan di kompleks pemakaman Imogiri tersebut.

Namun setelah kerajaan Mataram pecah menjadi dua, yakni Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta, kompleks pemakaman Imogiri juga terbagi dua. Lokasi pemakaman Kasultanan Yogyakarta berada di sebelah barat dan Kasunanan Surakarta berada di sebelah kiri kompleks pemakaman Imogiri. Sedangkan makam Raja Mataram berada di bagian atas bukit Imogiri.

Di kompleks pemakaman tersebut juga terdapat makam seorang penghianat dari kerajaan Mataram. Namun uniknya, penghianat tersebut dikubur di salah satu anak tangga menuju Makam Raja Mataram. Jika Anda berkunjung ke Makam Imogiri Jogja, Anda akan menemukan anak tangga berwarna hitam yang berbeda dari anak tangga lainnya. Anak tangga berwarna hitam tersebut dipercaya merupakan makam penghianat kerajaan Mataram.

Makam penghianat tersebut memang sengaja diletakkan di salah satu anak tangga, agar di injak-injak oleh orang lain, karena telah berkhianat terhadap kerajaan. Penghianat kerajaan Mataram tersebut bernama Tumenggung Endronoto.

Lokasi Makam Imogiri Jogja

Lokasi makam Imogiri Jogja terletak di Kab. Bantul. Tepatnya di perbukitan Imogiri, desa Ginirejo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Yogyakarta. Bagi warga sekitar, Makam Imogiri Jogja lebih dikenal dengan nama Pesarean Imogiri.

Makam Imogiri Jogja dikenal sebagai salah satu tempat suci karena terdapat beberapa Makam Raja-raja Mataram dan kerabatnya seperti Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Rute Menuju Makam Imogiri Jogja

Makam Imogiri Jogja terletak di perbukitan Imogiri di Bantul, Yogyakarta. Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Rute menuju Makam Imogiri Jogja terbilang cukup gampang.

Jika Anda dari Jogja, Anda langsung menuju Kab. Bantul dan menuju terminal Giwangan. Kemudian dari terminal Giwangan, Anda lurus ke selatan hingga melewati Jl. Imogiri Selatan. Kemudian sekitar 20 km kemudian, terdapat pertigaan dan terdapat papan penunjuk arah ke Makam Imogiri Jogja.

Sampai pertigaan tersebut Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk tersebut hingga menemukan lokasi parkir di dekat area Makam Imogiri Jogja tersebut.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Fasilitas Makam Imogiri Jogja

Sama halnya dengan tempat wisata lainnya, tempat wisata religi Makam Imogiri Jogja memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan dapat memanjakan para pengunjungnya. Fasilitas Makam Imogiri Jogja diantaranya adalah tempat parkir yang luas, toilet, dan beberapa tempat peristirahatan.

Selain itu, terdapat guide yang akan menceritakan sejarah yang berhubungan dengan Makam Imogiri Jogja tersebut. Pengunjung juga dapat membeli buku kecil yang disediakan oleh pihak pemakaman yang berisi tentang riwayat makam Raja Mataram, struktur makam, dan lain-lain.

Selain itu, juga terdapat beberapa warung di area sekitar makam yang dapat menjadi tempat beristirahat para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Makam Imogiri Jogja

Sebelum memasuki area Makam Imogiri Jogja, Anda harus membayar tiket parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk Mobil. Harga tiket masuk Makam Imogiri Jogja tidak dipatok harga tertentu. Pengunjung hanya diwajibkan untuk mengisi buku tamu dan memberi sumbangan seikhlasnya kepada juru kunci makam.

Di lokasi pemakaman juga terdapat tempat penyewaan baju tradisional jawa. Pengunjung dapat menyewanya dengan hanya membayar Rp 10.000. Selain itu, jika pengunjung membawa air dari gentong yang disediakan di tempat pemakaman, pengunjung akan diharuskan untuk membayar biaya tambahan yang bersifat sukarela. Jadi pengunjung dapat membayar berapa saja untuk membawa air tersebut.

Selain itu, terdapat sebuah kotak infak yang berada di depan masjid yang berada tepat sebelum anak tangga pertama. Kotak infak tersebut diharapkan dapat diisi oleh para pengunjung dengan ikhlas. Pada Intinya, lokasi wisata religi makam Imogiri Jogja tidak memungut biaya tertentu bagi para pengunjungnya.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan di Makam Imogiri Jogja

Kegiatan yang dapat dilakukan di Makam Imogiri Jogja antara lain pengunjung dapat berziarah ke makam para Raja-Raja Mataram dan pengunjung juga dapat belajar sejarah tentang kerajaan mataram.

DI lokasi pemakaman, terdapat kurang lebih 23 makam para Raja Mataram, Kasultanan Yogyakarta, dan Kasunanan Surakarta. Selain itu, di lokasi Makam Imogiri Jogja juga terdapat 4 gentong atau padhasan yang menurut ceritanya, gentong tersebut merupakan persembahan dari kerajaan sahabat kepada Raja Sultan Agung.

Keempat gentong tersebut memiliki nama yang berbeda-beda, yakni

  • Gentong Nyai Siyem dari Siam
  • Gentong Kyai Mendung dari Rum atau Turkey
  • Gentong Kyai Danumaya dari Aceh
  • Gentong Nyai Danumurti dari Pelembang

Disetiap gentong tersebut terdapat sebuah air yang mengalir yang konon memiliki khasiat tertentu seperti untuk kesehatan, kesuksesan, kecantikan, dan lain-lain. Oleh karena itu, banyak para pengunjung atau peziarah yang membawa pulang air dari gentong tersebut.

Meskipun Makam Imogiri Jogja buka setiap hari, namun pada hari-hari tertentu makam ini dipadati oleh para peziarah. Salah satunya pada malam jum’at kliwon, pada malam tersebut para perziarah memenuhi area makam untuk berdoa sesuai keinginan masing-masing. Jadi, pilihlah paket wisata Jogja yang sesuai dengan kebutuhan spiritual Anda.

Sudah Berkunjung di Makam Raja – Raja Imogiri?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *