Raja Ampat ala Gunung Kidul – Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin – Melakukan wisata alam ke tempat yang baru dipijak merupakan pengalaman berharga yang tak terlupakan. Salah satu tujuan wisata alam yang dapat membuat kesan tersebut adalah Telaga biru semin. Telaga tersebut memiliki ciri khas warna biru yang terang dikombinasikan dengan beberapa telaga disekitarnya yang berdekatan satu sama lain menambah keindahan tlaga biru samin.

Telaga Biru Semin – Photo by @arif_josselalu

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Telaga Biru Semin

Telaga biru semin terletak di Gunung kidul, Yogyakarta, dimana keindahan alamnya tersebut dapat dijadikan pesaing dari Danau Kelimutu yang ada di Nusa Tenggara. Telaga Biru Semin tersebut terbentuk secara alami dari bekas pertambangan yang ditinggalkan, sehingga banyak bekas penggalian yang tertutupi air secara terus menerus sehingga terbentuklah telaga tersebut. Bekas galian pertambangan tersebut merupakan penambangan batu kapur.

Telaga Biru Semin – Photo by @stevenbino

Lokasi Telaga Biru Semin tepatnya berada di Dusun Ngemplak, Candirejo, Kecamatan Semin Kab Gunung Kidul. Lokasi Telaga ini sedikit agak jauh dari Joga yakni sekotar 2 jam perjalanan namun rutenya masih mudah ditempuh. Jika berangkat dari Jogja cukup menggunakan jalur utara lewat jalan solo kearah prambanan. Setelah di Cawas ambil rute menuju Telaga Biru Semin yang kearah sukoharjo kemudian setelah sampai tugu perbatasan sukoharjo dan gunung kidul masuk jalan yang dicor.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sebagai obyek wisata air, Telaga Biru juga asyik sebagai tempat untuk melemparkan diri ke dalamnya, atau mungkin hanya membasahi kaki dan tangan. Pengelola tempat ini menyediakan balon atau pelampung bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mandi di telaga batu kapur ini dengan membayar harga tiket masuk Telaga Biru Semin sebesar Rp 10.000. Sebagai tambahan, tempat ini akan sangat bagus jika dinikmati pada pagi atau sore hari karena menyajika panorama sunset serta sunrise. Pemandangan di Telaga Biru juga cukup lengkap dengan view sawah, pegunungan hingga permadani hijau yang terbentang sejauh mata memandang. Hanya saja, pengunjung harus hati-hati karena masih ada beberapa kendaraan besar yang masih sering mengangkut batu kapur dari lokasi pertambangan yang tidak jauh dari Telaga Biru Semin ini.

Telaga Biru Semin – Photo by @ohhrama

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Telaga Biru Semin

Masih merasa telah menelusuri semua obyek wisata di Gunung Kidul? Rasanya masih perlu untuk menelusuri dan mengecek kembali daftar-daftar wisata mana saja di Gunung Kidul yang telah ditelusuri. Jika tempat ini, Telaga Biru atau Blue Lagoon masih belum masuk daftar, berarti perlu diagendakan satu waktu untuk mengunjungi tempat ini dan rasakan sensasinya. Telaga alami di atas pegunungan, dengan pemandangan lengkap dari persawahan, pegunungan dan perbukitan hingga pemandangan hutan yang menghijau.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.