Desa wisata dapat menjadi salah satu pilihan bagi para pecinta tour jogja yang ingin belajar budaya baru. Tak hanya dikenal sebagai tempatnya destinasi wisata alam, Yogyakarta juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata untuk kebudayaan, salah satunya adalah desa wisata. Desa wisata di Yogyakarta memiliki banyak daya tarik dan keistimewaan yang memikat hati para wisatawan. Bagaimana tidak, desa-desa wisata memiliki keasrian alam yang indah serta kental akan budaya dan tradisi yang masih dijaga turun temurun.

Hal ini menjadikan para wisatawan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang sulit didapatkan dari tempat lain. Wisatawan juga dapat mengikuti aktivitas sehari-hari warga sambil belajar budaya yang ada di desa tersebut. Lalu apa saja ya desa wisata yang ada di Yogyakarta? Berikut adalah 10 destinasi desa wisata tersembunyi di Yogyakarta

1. Desa Wisata Nglinggo, Gunungkidul

Desa Nglinggo terletak di Gunungkidul, lebih tepatnya berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo DIY. Bagi kamu yang merasa lelah dengan hiruk pikuk pekerjaan kota dan menginginkan ketenangan, bisa memilih liburan ke Desa Wisata Nglinggo. Warga desa ini memiliki mata pencaharian utama dengan berkebun, jadi jangan heran jika kamu melihat hamparan kebun teh dan kopi yang luas di desa ini.

desa wisata nglinggo jogja

desa wisata nglinggo jogja

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di desa ini seperti memanen teh dan kopi, meracik teh langsung dari kebunnya, membuat gula aren, menderes nira yang akan dijadikan gula aren, melakukan tour dengan jeep yang memacu adrenalin, memeras susu kambing hingga belajar tarian adat Desa Wisata Nglinggo. 

2. Desa Wisata Pentingsari, Sleman

Desa Wisata Pentingsari berlokasi di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa yang berada di kaki Gunung Merapi ini memiliki berbagai wahana dan kegiatan yang ditawarkan untuk para wisatawan. Saking indahnya desa ini, wisatawan mancanegara pun kerap berkunjung ke desa ini untuk berwisata dan belajar budaya baru. Desa ini memiliki memiliki daya tarik dari segi keindahan alam persawahan, pemandangan Gunung Merapi serta program pemberdayaan masyarakat.

desa wisata pentingsari jogja

desa wisata pentingsari jogja

Desa ini sangat mempertahankan nilai-nilai kebudayaan Jawa. Hal ini bisa dilihat dari bentuk rumah warga yang memiliki arsitektur Joglo, berbagai mebel tradisional hingga atraksi pertunjukan. Ketika di desa ini, kamu juga bisa belajar tentang obat-obatan di pendopo herbal, sebab masyarakat sekitar membudidayakan berbagai tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga : Desa Wisata Pentingsari, Wisata Alam sekaligus Budaya dengan Kearifan Lokal

3. Desa Wisata Kelor, Sleman

desa wisata kelor jogja

desa wisata kelor jogja

Desa Wisata Kelor berlokasi di Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini menawarkan kegiatan outbound mengasyikkan di alam terbuka. Kamu bisa mengajak keluarga, teman-teman ataupun rombongan sekolah ke desa ini. Beberapa kegiatan outbound yang tersedia adalah jembatan gantung, flying fox, air terjun dan masih banyak lagi.

Desa Wisata Kelor juga memiliki rumah-rumah joglo dengan desain klasik dan otentik yang menjadi salah satu warisan budaya. Desa ini pun memiliki beberapa kesenian tradisional yang bisa kamu nikmati mulai dari kuda lumping, gamelan, kethoprak, beberapa tarian tradisional Yogyakarta hingga sholawatan klenthingan. 

Baca Juga : Desa Wisata Kelor, Outbound Seru di Alam 

4. Desa Wisata Brayut, Sleman

Desa Wisata Brayut terletak di Dusun Brayut, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini dikenal sebagai desa wisata edukasi budaya dan pertanian karena memiliki berbagai program dengan tujuan edukasi dan mengenalkan kebudayaan setempat. Sebagian besar warga desa ini memang berprofesi sebagai petani, sehingga kamu dapat terlibat langsung sambil mempelajari berbagai ilmu pertanian dari desa ini. 

desa wisata brayut jogja

Tak hanya bisa belajar soal pertanian, kamu juga bisa belajar soal membatik dengan alat tradisional, belajar memainkan gamelan, kerajinan janur, membuat berbagai hiasan tradisional hingga belajar di sanggar tari desa. Desa ini juga menyediakan berbagai penginapan atau homestay untuk kamu yang berencana menginap.

5. Kampung Flory, Sleman

Kampung Flory merupakan desa wisata lainnya yang terletak di Sleman. Lebih tepatnya, desa wisata ini berlokasi di Rt 05, Rw 11, Jugang, Plaosan, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa yang berada di lokasi perairan ini memiliki banyak fasilitas wisata untuk para wisatawan. Di Kampung Flory kamu bisa memanen berbagai macam buah, melakukan outbound di alam terbuka, bertani, hingga belajar soal kewirausahaan agribisnis. Jadi kamu bisa belajar soal pertanian, perkebunan dan perikanan dari Kampung Flory.

kampung flory jogja

kampung flory jogja

Konsep yang diciptakan oleh pengelola desa ini sukses menjadikannya banyak diminati wisatawan, sehingga tidak sepi pengunjung. Meski memiliki konsep pedesaan yang asri dan tenang, nyatanya Kampung Flory tidak jauh dari pusat kota. Desa ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari, namun memilih destinasi yang tak jauh dari perkotaan.

Baca Juga : Kampung Flory, Desa Wisata Edukasi untuk Keluarga

6. Desa Kembang Arum, Sleman

Desa Wisata Kembang Arum berlokasi di Kembangarum 13, Donokerto, Turi, Wetan Kali, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai kegiatan desa sebagai sarana edukasi untuk wisatawan. Pesona keindahan alam desa ini berasal dari perkebunan salak, hamparan sawah hijau dan sungai panjang berair jernih yang membentang di desa.

desa wisata kembang arum jogja

desa wisata kembang arum jogja

Beberapa fasilitas dan program untuk wisatawan adalah flying fox, menangkap ikan di sungai hingga belajar soal ternak kambing. Pengelola desa ini selalu menyertakan warga dalam setiap agenda wisatanya, sehingga kamu juga bisa mengikuti aktivitas sehari-hari warga Desa Wisata Kembang Arum.

Baca Juga : Desa Wisata Kembang Arum, Sajian Wisata Edukasi di Sleman

7. Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul

Desa Wisata Nglanggeran berlokasi di Dusun Kalisong, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Gunung Api Purba, sehingga kamu bisa melihat pemandangan gunung dengan jelas dari desa ini. Desa Wisata Nglanggeran memiliki program unggulan untuk wisatawan, yakni live in. Melalui kegiatan ini para wisatawan akan diajak mengikuti rutinitas warga agar mengetahui berbagai kegiatan dan budaya yang ada di Desa Wisata Nglanggeran.

desa wisata nglanggeran jogja

desa wisata nglanggeran jogja

Berbagai aktivitas yang biasa dilakukan warga setempat adalah membatik topeng, menanam padi di sawah, membajak sawah, mempelajari kesenian Reog dan Jathilan, membuat kerajinan janur kelapa, menghadiri acara kenduri hingga belajar memasak masakan tradisional desa.

Baca Juga : Desa Wisata Nglanggeran, Pesona Wiasata Alam Konsep Ekowisata

8. Desa Kasongan, Bantul

Desa Wisata Kasongan berlokasi di Dukuh Kajen, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini sangat terkenal akan kerajinan gerabah dari tanah liat. Selain membuat gerabah dari tanah liat, warga setempat juga memanfaatkan berbagai bahan dari alam lainnya seperti rotan, batok kelapa, bambu dan kayu untuk dijadikan berbagai kerajinan. Maka dari itu, Desa Wisata Kasongan menjadi ikon pusat gerabah daerah Bantul. Desa ini seringkali dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah yang ingin belajar cara mengelola tanah liat.

desa wisata kasongan jogja

desa wisata kasongan jogja

Jika kamu berkunjung ke Desa Wisata Kasongan, kamu bisa mempelajari cara untuk membuat perabotan rumahmu sendiri. Mulai dari gerabah,keset, kursi, meja, bantal, keranjang, tas, vas, wadah lampu, hiasan cermin, teko teh hingga masih banyak lagi.

Baca Juga : Desa Wisata Kasongan, Pusatnya Kerajinan Gerabah

9. Desa Wisata Trumpon, Sleman

Desa Wisata Trumpon berlokasi di Desa Merdikerjo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa yang terletak di lereng Merapi ini memiliki daya tarik dari segi pemandangan Gunung merapi dan perkebunan salak yang luas. Untuk kamu yang menyukai kegiatan foto alam, kamu bisa ke desa ini. Sebab di Desa Wisata Trumpon disediakan gardu pandang tiga tingkat untuk kamu menikmati pemandangan Gunung Merapi, perbukitan hingga perkebunan salak yang terhampar luas di bawahnya. 

desa wisata tumpon jogja

desa wisata tumpon jogja

Di perkebunan salak Desa Wisata Trumpon, kamu bisa belajar banyak soal pertanian salak, menjelajah kebun, memanen salak hingga memakan buah salak sepuasnya. Hal ini menjadi salah satu kegiatan warga yang ditawarkan kepada wisatawan desa. Tak hanya memanen salak, di desa ini juga tersedia fasilitas memancing ikan sepuasnya serta belajar meracik jamu hingga siap minum.

10. Desa Wisata Kebonagung Imogiri, Bantul

Desa Wisata Kebonagung berlokasi di Talaban, Kebonagung, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini memiliki daya tarik dari pemandangan sawah yang terhampar luas, suasana pedesaan yang tenang, keramahan warga sekitar, hingga berbagai kegiatan desa yang ditawarkan. Warga desa ini memiliki rutinitas untuk bertani, berkebun dan berternak sehingga kamu bisa belajar banyak dari desa ini.

desa wisata kebonagung jogja

desa wisata kebonagung jogja

Ketika kamu berwisata di desa ini, kamu akan diajak untuk membajak sawah, mempelajari teknik persawahan, menanam padi, menggembala itik dan kerbau, membuat tempe dan emping, membuat topeng kayu, membatik,  belajar jathilan, gamelan, sholawat, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun internasional yang datang ke desa ini dengan tujuan belajar budaya Indonesia.

Apakah kamu tertarik untuk berlibur ke desa tersebut? Nah untuk kamu yang menyukai liburan aman,  nyaman, tanpa ribet harus menyetir atau kesasar karena kesulitan baca maps, kamu bisa memanfaatkan fasilitas paket liburan yogyakarta ke tempat-tempat hits yang murah abis dari Niaga Tour! Yuk cek di sini untuk info lebih lanjut!

Atau kamu mendambakan pengalaman berwisata secara mandiri dan fleksibel bersama keluarga? Jangan buat dirimu kesulitan dan repot karena harus menaiki angkutan umum lalu transit-transit, cukup manfaatkan fasilitas rental mobil murah, aman dan pastinya nyaman dari Niaga Tour. Kami menyediakan berbagai jenis mobil yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yuk sewa mobil di jogja sekarang!

Sudah Pernah Berlibur ke Desa-Desa Tersebut?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

5/5 - (10 votes)