Desa Wisata Kasongan, Pusatnya Kerajinan Gerabah di Jogja

Desa Wisata Kasongan Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Desa Wisata Kasongan. Desa Wisata Kasongan menjadi salah satu wisata yang ikut berperan aktif dalam kepopuleran indahnya Kota Yogyakarta. Lokasi Desa Wisata Kasongan tak pernah sepi oleh pengunjung baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Objek wisata ini menjadi salah satu sarana untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Melalui paket wisata Jogja 2020 yang ditawarkan, Anda bisa menikmati suasana wisata desa yang asri dan nyaman. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda tak perlu khawatir akan kerepotan karena untuk menuju tempat ini sangat mudah. Anda dapat menikmati suasana desa yang asri dan menarik di tempat wisata ini.

Wisata Desa Kasongan

Sejarah Desa Wisata Kasongan yang Terkenal Akan Gerabahnya

Menurut cerita yang beredar, pada zaman dahulu di Desa Wisata Kasongan ada seekor kuda yang mati di area persawahan milik warga setempat. Kuda yang mati ini ternyata milik seorang perwira Belanda. Singkat cerita, pemilik persawahan ini takut jika nanti akan diberi hukuman oleh tentara Belanda karena kudanya mati di tanah miliknya.

Karena rasa ketakutan yang besar itulah pemilik lahan melepaskan hak kepemilikan tanah bersama warga lainnya. Dari sini bisa dibayangkan kengerian penjajahan yang dialami oleh warga Indonesia. Mereka bahkan sangat takut hanya karena ada kuda mati milik Belanda di atas tanah mereka. Dapat dibayangkan hukuman yang didapatkan akan sangat menyakiti mereka sampai-sampai hak kepemilikan tanah mereka lepaskan.

Area persawahan yang sudah dilepaskan hak kepemilikannya, akhirnya diambil oleh warga yang datang dari desa lain. Para penduduk yang baru datang ini melakukan aktivitas baru di desa itu. Aktivitas yang baru ini merupakan kegiatan mengolah tanah liat untuk dijadikan perlengkapan dapur dan dijadikan beberapa mainan untuk anak-anak mereka.

Setelah mengetahui ketahanan barang yang dibuat dari tanah liat, maka para penduduk ini mulai membuat bentuk lain yang lebih beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan. Ada alat perlengkapan dapur, mainan, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi. Kerajinan yang mereka buat dari tanah liat ini lalu dikenal dengan sebutan kerajinan tembikar atau gerabah. Mulai dari sinilah kerajinan gerabah diwariskan secara turun temurun di desa ini.

Sejak saat itu, perkembangan kerajinan gerabah di desa ini mulai naik secara signifikan hingga saat ini. Banyak produk yang dihasilkan sesuai dengan pesanan dan minat pasar. Bahkan saat ini bukan hanya kerajinan dari tanah liat yang dihasilkan dari desa ini. Masyarakat juga menggunakan bahan lain di sekitar yang bisa diolah menjadi barang bernilai tinggi, misalnya bambu, rotan, batok kelapa, kayu dan sebagainya.

Pada saat ini desa ini menjadi ikon pusat gerabah daerah Bantul Yogyakarta. Desa Wisata Kasongan mulai dipenuhi pengunjung saat hari libur tiba. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk belajar bagaimana cara mengolah tanah liat.

Ada kerajinan yang sangat terkenal dari desa wisata ini. Patung Loro Blonyo menjadi sebuah tanda jika Anda pernah mengunjungi tempat ini. patung Loro Blonyo berwujud sebagai sepasang pengantin yang menurut kepercayaan bisa membawa keberuntungan apabila ditaruh dalam rumah Anda.

Anda dapat membawa pulang patung ini bila berkunjung ke desa wisata gerabah yang ada di Jogja ini. Bahkan patung ini menjadi buruan para wisatawan asing dan lokal yang berkunjung kesini, lho. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan, ya.

Lokasi Desa Wisata Kasongan Jogja

Lokasi wisata Desa Wisata Kasongan terletak di dukuh Kajen, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini tidaklah jauh dari pusat kota, hanya sekitar 8 km saja. Waktu yang dibutuhkan menuju tempat ini dari pusat kota hanya 15 – 30 menit saja. Jadi Anda tak perlu khawatir jika ingin berwisata ke tempat ini. Letak tempat wisata yang dekat dengan kota menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anda bisa dengan mudah melanjutkan berwisata ke tempat lain jika sudah sampai di tempat desa wisata ini.

Rute Desa Wisata Kasongan Jogja

Rute Desa Wisata Kasongan tidaklah sulit untuk dilalui karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum jika ingin datang ke tempat ini. Akses jalannya pun sangat mudah. Tak akan Anda temukan medan yang sulit untuk menuju tempat wisata ini.

Apabila Anda memilih mengendarai kendaraan pribadi, maka Anda hanya tinggal menuju perempatan ring road selatan Jalan Bantul atau biasa disebut dengan perempatan Dongkelan. Anda hanya perlu menuju arah selatan dari pusat kota untuk menemukan perempatan ini. Setelah sampai di perempatan, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Desa Kasongan.

[artikel number=3 tag=”paket-desa-wisata-jogja” ]

Namun apabila Anda memilih kendaraan umum, maka sebaiknya menggunakan taksi atau kendaraan online saja agar tidak perlu repot gonta ganti kendaraan. Kendaraan umum yang Anda gunakan tidak akan membuat kantong Anda menipis karena letaknya yang dekat dari pusat kota, maka biaya yang dipatok pun tergolong rendah. Jadi pertimbangkan dengan baik kendaraan apa yang akan Anda gunakan untuk menuju ke tempat wisata ini.

Fasilitas Desa Wisata Kasongan Jogja

Fasilitas Desa Wisata Kasongan dapat dibilang terus berkembang dari waktu ke waktu. Desa wisata ini telah menarik minat banyak wisatawan. Jadi tak heran bila fasilitas yang ditawarkan pun beragam, diantaranya ada area parkir, mushola, toilet, penginapan, tempat makan, tempat oleh-oleh dan tempat belajar kerajinan gerabah.

Tempat belajar kerajinan memungkinkan Anda untuk belajar membuat perabotan Anda sendiri. Selain itu, rumah makan yang terkenal di tempat ini adalah rumah makan Mbah Cemplung. Disini menu andalannya adalah ayam goreng dengan cita rasa yang khas dari ayam kampung Kasongan. Cara pengolahannya pun masih tradisional  menggunakan kayu bakar.

Jam Buka Desa Wisata Kasongan Jogja

Jam buka Desa Wisata Kasongan mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00. Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu. Apabila datang kesini saat sore hari, biasanya Anda dapat belajar membuat kerajinan gerabah dengan santai tanpa desakan pengunjung lain. Selain itu, Anda juga bisa belanja gerabah sepuasnya dengan harga yang dipatok murah.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Kasongan Jogja

Harga tiket Desa Wisata Kasongan sangat murah meriah. Berapa? Gratis. Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk jika datang ke tempat ini. Apabila datang ke tempat ini, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja. Namun jika Anda ingin ikut belajar membuat gerabah sendiri, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 saja. Hasil gerabah yang Anda buat pun bisa dibawa pulang.

Jadi untuk menikmati indahnya wisata desa Kasongan, Anda tak perlu mengeluarkan uang. Anda hanya mengeluarkan uang untuk parkir dan membeli gerabah yang diinginkan saja. Bahkan Anda juga bisa bersenang-senang di tempat wisata ini dengan paket wisata Jogja 2020 yang menawarkan banyak keuntungan. Sangat menyenangkan bukan?

Sudah Wisata di Desa Wisata Kasongan Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *