Desa Wisata Pentingsari, Wisata Alam Sekaligus Budaya dengan Kearifan Lokalnya

Desa Wisata Pentingsari  Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, lokasi, Jam Buka, Rute Menuju Desa Wisata Pentingsari. Desa Wisata Pentingsari berada di kaki gunung Merapi, dimana desa ini salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Udara sejuk akan menemani pengunjung saat menikmati berbagai wahana dan kegiatan yang ada di desa tersebut. Ingin ke sini, namun budget minim coba pesan paket wisata Jogja 4 hari 3 malam, agar lebih hemat.

Wisata Desa Wisata Pentingsari

Daya Tarik  Desa Pentingsari

Pengembangan Desa Wisata Pentingsari ini dimulai di tahun 2008, yang hingga kini banyak dikunjungi pengunjung baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara. Bentuk desa ini cukup unik seperti semenanjung, dibatasi oleh lembah kali kuning yang curam di sebelah barat.

Sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan lembah kali pawon, di sebelah utara berbatasan dengan pemukiman penduduk serta di sebelah selatan berbatasan dengan lembah Gondoran dan lembah ponteng.

Desa Pentingsari tidak menawarkan barang-barang mewah untuk menarik banyak peminat. Hal ini bisa dilihat dari karakteristik penginapan yang disediakan di tempat tersebut. Jumlah homestay sangat banyak, dimana desainnya hanyalah rumah standar minimal untuk tempat tinggal. Pengunjung yang datang ke desa ini langsung berinteraksi dengan alam kemudian dipadukan budaya yang ada di desa ini. Masyarakat melestarikan dengan baik budaya mereka sehingga kearifan lokal sangat terasa ketika berkunjung ke desa ini.

Tiga Aspek Unggulan

Alasan lain selain karena daya tarik alami desa ini yang membuat banyak peminatnya juga karena Desa Wisata Pentingsari dibangun dengan 3 aspek unggulan. Pertama, desa ini dihiasi oleh sawah yang luas dengan pemandangan hijau yang indah. Kedua, desa ini memiliki program pemberdayaan masyarakat dengan sistem kerja yang baik.

Sedangkan sistem yang ketiga yaitu masyarakat sekitar mempertahankan budayanya dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari bentuk rumah warga dengan arsitektur khas Joglo, bahkan beberapa homestay yang terdapat di desa ini juga didesain dengan karakteristik khas Joglo.

Masyarakat mengambil peran sesuai kemampuannya dalam melayani pengunjung, ada yang bersedia menjadi pemandu wisata, ada yang berperan sebagai penyedia homestay, sebagai penyedia konsumsi, pengajar budaya, pedagang oleh-oleh serta pelaku atraksi kesenian.

Pendopo Herbal Desa Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari juga membudidayakan berbagai tanaman untuk pengobatan. Berbagai tanaman yang sering ditemukan di sekitar kawasan rumah, diketahui dapat menyembuhkan penyakit. Sehingga berbagai program budidaya tanaman ini disebut pendopo herbal.

Terdapat tanaman  yang diketahui dapat menyembuhkan penyakit asam urat, diabetes dan osteoporosis, tanaman yang banyak dicari ini disebut daun Rondo Semoyo. Cara pengolahannya dikeringkan terlebih dulu, kemudian diseduh dengan air dan diminum seperti teh.

Berkunjung ke desa ini ialah pilihan yang tepat bagi yang ingin beristirahat dari padatnya aktivitas. Merilekskan badan dengan berbagai wahana yang disajikan dengan suasana alam yang sejuk. Suasana sejuk yang masih asri akan disuguhkan untuk pengunjung, dengan pesona kearifan lokal yang masih terasa. Juga dimanfaatkan sebagai objek wisata edukasi sehingga menambah wawasan tentang tanaman obat-obatan.

Pengunjung yang ingin menikmati pengalaman langsung  kegiatan persawahan juga diizinkan bergabung dengan masyarakat di desa ini. Mulai dari membajak sawah hingga padi, memancing ikan. Aktivitas lain seperti belajar merangkai janur dan belajar tarian Jawa.

Lokasi dan Jam Buka Operasional

Lokasi Desa Wisata Pentingsari di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasional Desa Wisata Pentingsari  selalu dibuka setiap hari mulai jam 06.00 hingga jam 21.00.

[artikel number=3 tag=”paket-desa-wisata-jogja” ]

Rute Desa Wisata Pentingsari

Rute Desa Wisata Pentingsari, mulai jalan dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur hingga melewati jalan Panembahan Senopati. Setelah bertemu perempatan  ke utara melewati Jalan Mayor Suryotomo.

Ambil jalan lurus ke jalan Mataram bertemu dengan pertigaan  kemudian belok kanan melewati Jalan Mas Suharto Jambu. Selanjutnya setelah berada di perempatan  belok ke utara  melewati Jalan Tukangan. Kemudian di pertigaan belok ke kiri melewati stasiun Kridosono yaitu jalan Yos Sudarso lanjut lurus hingga jalan Suroto.

Selanjutnya melewati jalan Cik Di Tiro lurus terus hingga tiba  di bundaran UGM, kemudian belok  ke timur dan melewati jalan Terban.  Bertemu perempatan  belok ke kanan ke jalan Persatuan, kemudian Jalan Kaliurang. Bertemu lagi dengan perempatan belok ke kanan ke jalan Pamungkas, kemudian Jalan Cangkringan. Ikuti jalan ini hingga tiba di lokasi yang dituju.

Fasilitas Desa Wisata Pentingsari

Fasilitas Desa Wisata Pentingsari memadai untuk pengunjung, tetapi fasilitas yang disediakan ialah fasilitas berbayar.

  • Tour guide, harga Rp 70 ribu per orang.
  • Sewa Sound system Rp 250 ribu per pax.
  • Sewa pendopo kali kuning Rp 300 ribu per pax.
  • Sewa Joglo Rp 500 ribu per pax.
  • Sewa Outbond ataupun camping ground Rp 15 ribu per orang.
  • Menginap di homestay dengan jumlah 3 kali makan dan 1 kali snack, Rp 70 ribu per orang.

Pengunjung juga akan diajarkan cara membuat belalang dari janur yang digunakan untuk hiasan di acara pernikahan. Sebab dalam tradisi Jawa, ada hiasan yang bernama kembar mayang digunakan untuk acara pernikahan. Sedangkan yang digantung ketika ada orang meninggal disebut gagar mayang.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati camping ground bisa menggunakan lapangan luas yang sengaja disediakan di desa ini. Bisa dimanfaatkan oleh orang remaja ataupun anak-anak pramuka, bahkan ada juga perusahaan menggunakan lokasi ini untuk outbond.

Tak kalah menarik,  desa Pentingsari juga menyediakan spot untuk berfoto bagi pengunjung. Salah satunya hiasan bambu yang disusun secara diagonal berbentuk lingkaran. Pengunjung bisa mengabadikan dirinya berada di antara bambu-bambu tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Bagaimana dengan harga tiket masuk Desa Wisata Pentingsari? belum dikenakan biaya tiket masuk. Namun terdapat paket wisata atau wahana yang disediakan untuk pengunjung dan inilah yang memerlukan biaya tiket. Berikut daftar paket dan harganya.

  • Paket mengunjungi objek perkebunan dan pertanian, harga tiket sebesar Rp 7.500 setiap orang.
  • Atraksi tanam padi atau bajak sawah dengan biaya tiket sebesar Rp 7.500 untuk setiap orang.
  • Wahana memancing ikan dengan harga tiket sebesar Rp 10 ribu per orang.
  • Atraksi panen padi dengan harga tiket sebesar Rp 7.500 setiap orang.
  • Wahana sepak bola lumpur, harga tiket Rp 5 ribu per orang.
  • Petualangan, harga tiket  Rp 6 ribu per orang.
  • Outbond tingkat TK-SD, harga tiket Rp 25 ribu per orang.
  • Outbond SMP-mahasiswa, harga tiket Rp 30 ribu per orang.
  • Outbond dewasa, harga tiket Rp 35 ribu per orang.
  • Belajar gamelan, Rp 10 ribu per orang.

Itulah gambaran Desa Wisata Pentingsari yang patut diketahui sebelum berkunjung. Desa ini sebagai objek wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pedesaan yang masih kental dengan kearifan lokalnya. Jangan lupa sekarang ini ada paket wisata Jogja 4 hari 3 malam untuk liburan lebih hemat, manfaatkan paket tersebut.

Sudah Wisata di Desa Wisata Pentingsari ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *