Desa Wisata Nglanggeran, Pesona Wisata alam dengan konsep ekowisata

Wisata Desa Wisata Nglanggeran Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Desa Wisata Nglanggeran. Salah satu destinasi wisata di Jogja yang belakangan ini populer adalah Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta. Desa wisata ini memperkenalkan living in village bagi para pengunjungnya. Selain menikmati pemandangan desa yang menawan, pengunjung pun dapat merasakan pengalaman menanam padi, membajak sawah, dan pengalaman-pengalaman seru lainnya.

Cocok sekali untuk Anda khususnya yang merasa jenuh dengan nuansa perkotaan. Bagi Anda yang ingin sensasi liburan anti mainstream, segera kunjungi destinasi wisata ini dan jangan lupa manfaatkan fasilitas paket wisata Jogja 2020 untuk memudahkan perjalanan liburan Anda.

Wisata Desa Wisata Nglanggeran

Menikmati Keseruan Belajar Budaya Masyarakat di Desa Wisata Nglanggeran

Tidak banyak masyarakat yang sudah mengetahui bahwa kompleks wisata Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba ternyata memiliki desa wisata yang tak kalah menarik bernama  Desa Wisata Nglanggeran.

Di tempat ini, selain Anda dapat menikmati cantiknya panorama Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Di samping itu, Anda juga dapat merasakan pengalaman hidup berbaur dengan masyarakat yang tinggal di desa tersebut.

Salah satu program yang diunggulkan di desa ini adalah live in, yakni kegiatan yang mengajak pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar sambil mempelajari kebudayaan dan rutinitas di desa tersebut, misalnya, aktivitas belajar membatik topeng, menghadiri acara kenduri, menanam padi di sawah, mempelajari kesenian Reog dan Jathilan, belajar membuat kerajinan dari janur kelapa, hingga belajar memasak makanan khas daerah setempat.

Program live in ini telah banyak diikuti oleh wisatawan dari luar negeri. Sehingga tak heran bila desa wisata ini telah 2 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik di Indonesia dan ASEAN berkat tiga prinsip dasar yang menunjang perkembangan desa wisata ini.  Prinsip pertama yaitu ramah lingkungan alam serta budaya, prinsip kedua yaitu ramah masyarakat, dan prinsip yang terakhir adalah ramah wisatawan.

Hal yang menarik lagi dari desa wisata ini adalah Community Base Tourism yang dikembangkan di desa ini, di mana masyarakat desa wisata diberikan akses dan kesempatan untuk dapat mengoptimalkan peranan dan dukungan dalam segala aspek objek wisata yang berkelanjutan, sehingga masyarakat setempat memiliki andil yang besar untuk terlibat dalam skema pelaksanaan pembangunan potensi yang ada di desa tersebut.

Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Desa wisata ini terletak 25 km dari pusat Kota Yogyakarta, atau sekitar 22 km dari Wonosari. Lokasi Desa Wisata Nglanggeran  di Dusun Kalisong, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta, 55862.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, maupun menggunakan kendaraan umum seperti bus. Jika Anda naik bus dari Wonosari menuju Nglanggeran, Anda cukup membayar Rp5.000 saja per orangnya.

Rute ke Desa Wisata Nglanggeran

Terdapat dua  rute Desa Wisata Nglanggeran yang dapat Anda pilih, pertama jika Anda berangkat dari Wonosari, Anda hanya perlu berbelok ke kanan hingga sampai di Bunderan Sambipitu, kemudian ambillah arah menuju Desa Bobung. Lanjutkan perjalanan sejauh 3 km hingga Anda sampai di Desa Nglanggeran. Jika Anda memilih rute ini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 40 sampai 50 menit untuk dapat tiba di lokasi.

Rute kedua yaitu jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, pertama ambillah jalan yang mengarah ke Wonosari, lalu Anda menuju ke Piyungan sampai tiba di Bukit Bintang. Lanjutkan perjalanan Anda hingga menemukan perempatan timur Radio GCD FM Patuk, kemudian belok kiri menuju Desa Ngoro-oro. Lurus saja sampai Anda tiba di pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II, belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai Anda tiba di Desa Nglanggeran.

Akses jalan menuju desa wisata ini sudah bagus, tapi sebelum Anda memasuki desa, Anda akan melewati tanjakan yang cukup tinggi.

[artikel number=3 tag=”paket-desa-wisata-jogja” ]

Fasilitas Desa Wisata Nglanggeran

Fasilitas Desa Wisata Nglanggeran sudah terbilang lengkap. Wisatawan yang berkunjung dapat tinggal di penginapan atau homestay yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas outbond yang tak kalah seru, seperti flying fox, rock climbing dengan 28 jalur, trekking, hingga camping area.

Dari desa wisata ini, Anda dapat melihat pemandangan Puncak Gunung Api Purba yang memiliki ketinggian 700 meter dari permukaan laut saat sunrise. Di siang hari, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang untuk menikmati pemandangan air terjun dan hamparan sawah milik warga setempat.

Sore harinya, Anda dapat bermain ke Embung Nglanggeran di atas bukit yang masih berada di desa wisata ini untuk menikmati panorama sunset yang memikat. Sebelum Anda pulang, Anda bisa mampir ke Griya Coklat Nglanggeran untuk membeli buah tangan olahan coklat produk unggulan desa wisata ini. Wah, berlibur ke desa wisata ini benar-benar komplit ya. Rasanya enggan lekas pulang dan ingin menjelajah lebih jauh lagi tempat-tempat yang ada di desa ini.

Jam Operasional Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta

Jam buka Desa Wisata Nglanggeran 24 jam setiap harinya. Anda dapat berkunjung ke tempat ini baik ketika hari kerja, maupun hari libur dan akhir pekan.  Karena konsep wisata ini dapat mengedukasi pengunjung, cocok sekali jika Anda mengajak anak-anak bermain ke desa ini. Selain bersenang-senang, pengunjung juga mendapat ilmu dan pengalaman berkesan yang dapat dibawa pulang.

Tiket Masuk Desa Wisata Nglanggeran

Harga tiket Desa Wisata Nglanggeran & paket wisata termasuk ramah di kantong. Jika Anda ingin menginap, semalamnya Anda cukup membayar sebesar Rp 100.000 per orangnya, tapi bagi pelajar cukup membayar Rp60.000 saja. Jika Anda berminat untuk menikmati fasilitas yang terdapat di desa ini, Anda dapat membayar tarif sesuai masing-masing kegiatan.

  • Tarif trekking (dilakukan minimal 3 orang) : Rp 25.000 / orang
  • Tarif outbond (dilakukan minimal 5 orang) : Rp 75.000 / orang

Jika Anda berkunjung dengan rombongan untuk live in, Anda dapat mendapatkan harga khusus sebagai berikut.

Paket Pelajar (minimal 40 siswa)

  • Paket 2 hari 1 malam : Rp320.000 / orang
  • Paket 6 hari 5 malam : Rp800.000 / orang

Tarif tersebut sudah termasuk penginapan, kegiatan belajar karawitan atau gamelan, kegiatan membuat dan membatin topeng, menghadiri kenduri, membuat makanan lokal, sampai belajar menanam padi dan membajak sawah.

Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda di Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta? Selain pemandangannya yang indah, di sini Anda juga dapat melihat peninggalan purbakala yang unik serta mempelajari budaya tradisional masyarakat setempat.

Yuk, berkunjung ke desa wisata ini dan tempat-tempat asyik lainnya di Jogja. Agar liburan Anda bersama rombongan semakin mudah dan nyaman, pastikan Anda memanfaatkan fasilitas paket wisata Jogja 2020

Sudah Wisata di Desa Wisata Nglanggeran Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *