Sadar Wisata, Dieng Culture Festival Acara Budaya Setiap Tahun

Dieng Culture Festival – Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi, Jam Acara, Rute Menuju Dieng Culture Festival. Tempat wisata di negara Indonesia itu beragam, berbagai tepat wisatanya memberikan tradisi, memberikan cerita, bahkan menjadi tempat wisata yang akan mengingatkan kita pada sebuah event. Ada banyak sekali wisata yang biasanya memberikan event istimewa yangs ellau diadakan rutin baik itu setiap harinya, setiap bulannya, atau setiap tahunnya. Biasanya event ini juga sambil menghadirkan sebuah perayaan yang khas dan berkesan bagi setiap pelaksana, juga bagi setiap pengunjungnya. Salah satu event tempat wisata yang terkenal dan bisa nada kunjungi ialah Dieng festival.

Sadar Wisata

Dieng Culture Festival Acara Budaya Setiap Tahun

Dieng festival ini diadakan setiap tahunnya, bahkan sudah menjadi event tahunan yang dianggap sebagai paket liburan. Anda bisa merasakan festival diatas dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Festival satu ini menjadi sbeuah tradisi masyarakat Dieng, yang sudah dikenal oleh masyarakat lokal jawa Tengah, masyarakat indonesia, bahkan para pegunjung dari luar negeri. Keistimewaan hingga tradisi yang coba untuk ditawarkan, membuat setiap kalangan yang ingin datang ke festival ikut dalam serangkaian acaranya.

Rangkaian awal acara akan diajak untuk ruwatan rambut gimbal, ini adalah acara inti yaitu upacara pemotongan rambut atau cukuran rambut, kepada anak-anak berambut gimbal, yang ada didaerah masyarakat Dieng. Hal yang unik adalah, para pemotong rambut, harus mengikuti kemauan atau permintaan dari anak yang dipotong rambutnya agar rambutnya sesuai. Ruwatan rambut gimbal ini memiliki tujuan untuk mengusir pengaruh buruk atau nasib buruk dari kehidupan anak gimbal, ataupun seluruh masyarat dataran Dieng. Ada juga acara-acara lain yang akan diselenggarakan, seperti penampilan festival jazz diatas awan, festival lampion, pesta kembang api, kajian agama, festival domba, pameran produk UMKM, dan masih banyak lagi acaranya.

Biasanya acara festival ini dilakukan hingga tiga hari dua malam, acaranya biasanya dimulai Dari Yogyakarta, sampai ke purwokerto. Anda bisa merasakan budaya masarakat Dieng yang kental dan menjadi budaya yang harus diabadikan, selain itu harus menjadi cerita dan pengalaman berharga ketika Anda berlibur. Anda tak bisa begitu saja hanya mengikut serangkaian acara tanpa mengabadikannya bukan? Dieng Festival ini memang diadakan setiap tahunnya, sehingga Anda tak usah khawatir jika tahun jadwal Anda begitu padat. Anda bisa merencanakannya kembali untuk hadir diacara Dieng festival, yang biasanya diadakan pada awal Agustus. Sebagai informasi Dieng festival diadakan pertama kali di tahun 2010, dan antusiasme masyarakat setiap tahunnya semakin bertambah.

Kita sebagai masyarakat indoensia harus bersyukur, karena memiliki acara festival seistimewa Dieng Festival, yang bukan hanya menjunjung tinggi kebudayaannya, melainkan mengenalkan banyak orang pada budaya Indonesia yang selalu berciri khas dan tak mudah untuk dilupakan. Ini mengapa sebagai masyarakat Indoensia, Anda bisa mengagumi, setidaknya ikut berada dalam perencanaan acara, sehingga Anda bisa menikmatinya, dan lebih sadar wisata terhadap beberapa kota, beberapa provinsi yang memiliki ciri khas dan sayang sekali jika harus dilupakan.

Lokasi Dieng Culture Festival

Untuk menuju ke Dieng Culture Festival lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau. Lokasinya terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Tiket Masuk Dieng Culture Festival

Tiket Masuk Dieng Culture Festival 2019
KategoriHarga
Tiket Masuk VIP Rp 350.000
Mendapatkan Fasilitas :
– Gelang
– Tiket Wisata 3 obyek (Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna)
– Lampion
– Caping
– Kain Batik
– T-shirt DCF 2019
– Merchandise

Rute Dieng Culture Festival

Perjalanan menuju Dieng Culture Festival dari Titik 0 Yogyakarta.

  1. Ambil Jl. Tentara Pelajar ke Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta di Mlati Dukuh
  2. Tetap di Jl. Semarang – Yogyakarta ke Temanggung
  3. Ambil Jl. Gatot Subroto, Jl. Temanggung Bulu, dan Jl. Bulu – Parakan ke Jl. Ajibarang Secang/Jl. Pahlawan/Jl. Parakan – Kedu/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara di Wanutengah
  4. Terus ke Jl. Ajibarang Secang/Jl. Pahlawan/Jl. Parakan – Kedu/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara
  5. Ambil Jl. Parakan – Sukorejo/Jl. Parakan Weleri , Jl. Ngadirejo , Jl. Tambi, dan Jl. Dieng ke Jl. Komp. Arjuna di Karangsari

Jarak dari Pusat Kota Yogyakarta ke Dieng Culture Festival sekitar 110 KM. Dengan waktu tempuh kendaraan roda empat sekitar 3 Jam 31 Menit.

Jam Acara Dieng Culture Festival

Jadwal Dieng Culture Festival 2019
WaktuAcara
Hari Pertama
08:00Penukaran Tiket
08:00Festival Caping dan Bunga
08:00Pameran Produk Kreatif UKM dan Kuliner
13:00Ragam Pertunjukan Seni Tradisional
13:00Kongkow Budaya
19:00Jazz Atas Awan
23:00Festival Kembang Api
Hari Kedua
08:00Festival Tumpeng
08:00Ragam Pertunjukan Seni Tradisional
13:00Kirab Budaya
19:00Sendra Tari Rambut Gembel
20:00Senandung Negeri Atas Awan
23:00Festival Lampion
Hari Ketiga
08:00Jamasan Rambut Gembel
09:00Prosesi Ruwatan Cukur Gembel
13:00Ragam Pertunjukan Seni Budaya

Fasilitas Dieng Culture Festival

Bagi kalian yang sudah membeli Tiket VIP di Dieng Culture Festival akan mendapatkan Goodie bag yang berisi: Gelang, Tiket Wisata 3 obyek (Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna), lampion, Caping, Kain Batik, T-shirt DCF 2019 dan  Merchandise.

Sudah Wisata ke Dieng Culture Festival?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *