Gumuk Pasir – Destinasi wisata yang satu ini memang sudah banyak diminati para traveler. Lokasi Gumuk Pasir berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Karena sudah terkenal, maka tidak heran jika pengunjung di hari libur memang cukup penuh di area ini.

Gumuk Pasir – Photo by @mrizalfrmnsyh

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Gumuk Pasir

Asal mula Gumuk Pasir adalah akibat aktifitas vulkanis Gunung Merapi yang berada di sekitarnya. Jadi, tampilannya memang seperti gurun. Apabila para traveler ingin membuat karya fotografi atau video menarik maka bisa dilakukan di tempat wisata tersebut. Beberapa orang bahkan melakukan syuting di destinasi wisata yang membuat traveler tidak perlu jauh – jauh ke gurun di luar negeri ini.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan selain foto – foto atau membuat video. Jika di pantai para traveler bisa melakukan surfing, maka di Gumuk Pasir ada aktifitas olahraga menarik yaitu sandboarding. Dengan papan luncur yang aman pengunjung bisa memacu adrenalin melintasi bukit menuju bagian bawah full pasir.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

Harga tiket masuk Gumuk Pasir tidak terlalu mahal. Jika ingin menyewa papan luncur sandboarding maka biayanya kurang lebih Rp 150.000,00. Selain nyaman, olahraga ini juga sangat menegangkan. Tetapi saat berada di papan luncuran akan banyak pengalaman bisa diperoleh. Terutama jika ingin berfoto di atas papan luncur, pose ini akan sangat menarik dan mengesankan.

Gumuk Pasir – Photo by @shoimasyhar

Ukir kenangan tidak terlupakan ketika sunset tiba. Pemandangan dengan latar belakang gunung dan suasana langit serba oranye akan membuat memori tersendiri yang tidak bisa dilukiskan. Jangan ragu untuk mengambil sebanyak – banyaknya foto karena momen ini memang sangat menawan.

 

Rute Menuju Gumuk Pasir

Rute menuju Gumuk Pasir adalah melalui area Jalan Parangtritis. Jika mengambil rute sebelah selatan maka pengunjung akan melewati perjalanan kurang lebih 35 km. Apabila telah melalui pintu retribusi Pantai Parangtritis traveler harus memasang mata. Pasalnya, sebelum masuk ke Pantai Parangtritislah lokasi destinasi wisata ini akan bisa dicapai.

Para pasangan yang ingin menikmati bulan madu sangat disarankan untuk memilih destinasi wisata di jogja yang satu ini. Karena fasilitasnya semakin banyak, sekarang bahkan sudah ada ayunan couple yang bisa dipakai untuk area fotografi dengan latar belakang serba pasir. Keindahan pemandangan luar biasa terpapar dari segala sudut dari pagi hingga malam hari.

Untuk pengunjung yang tidak memiliki ketahanan fisik mumpuni maka bisa memilih waktu dimana matahari sedang redup. Misalnya saja saat sore hari. Tidak perlu khawatir akan kehilangan momen penting, karena saat matahari terbenam Gumuk Pasir justru memberikan keindahan view tiada tara. Namun, jika kuat mencoba olahraga dan menjajal semua spotnya, maka sangat dianjurkan untuk datang sepagi mungkin supaya tidak kehabisan waktu berpetualang.

Ingin piknik tipis – tipis? Lakukan saja di Gumuk Pasir. Tetapi jangan sampai membuka bekal makanan saat suasana terlalu berangin. Karena bisa saja pasirnya terbawa ke makanan dan pasti cukup mengganggu. Selebihnya, momen piknik di tempat yang tampak seperti gurun pasir tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika dilewati bersama pasangan atau teman dan keluarga.

Gumuk Pasir – Photo by @hnfaziz

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Gumuk Pasir

Supaya keindahannya tetap terjaga, sangat dianjurkan bagi para traveler untuk tidak mengotori tempat ini. Bagaimanapun juga, Gumuk Pasir adalah tempat wisata yang bukan hanya milik sebagian warga yang tinggal di area itu tetapi juga milik semua orang Indonesia. Dengan menjaga kelestarian ekosistem dan kebersihannya maka secara tidak langsung akan banyak hal yang diwariskan pada anak cucu. Itulah hal terpenting saat berwisata ke mana pun dan di mana pun.

Comments 0

Leave a Comment