Pantai Baros yang Kaya Mangrove dan Penuh Pesona

Pantai BarosLokasi Pantai Baros adalah di Tirtohargo, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Seperti halnya beberapa pantai lainnya di provinsi ini, objek wisata tersebut sangat kaya akan pemandangan alam indah. Contohnya saja hutan mangrove yang menghampar membuat suasana panas menjadi lebih sejuk. Selain itu, ombak yang berarak semakin mmpercantik view dari destinasi wisata alam ini.

Pantai Baros – Photo by @rifai_zebi

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Baros

Karena jumlah pohon mangrove yang cukup banyak, Dinas Kelautan memberi proyeksi bahwa tempat ini akan menjadi objek wisata alam khas hutan mangrove yang edukatif. Tentunya hal ini sangat bisa dilakukan selama para traveler selalu menjaga kelestarian pohon – pohon dan tidak mengotori serta merusaknya dengan vandalisme atau coretan lain.

Pengembangan ekosistem wisata di jogja di Pantai Baros bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, banyak jenis biota laut yang sangat unik hidup di perairan air asin ini. Tidak hanya itu, karena kuatnya akar – akar mangrove dalam menahan abrasi maka penampakan geologis pantai ini juga tetap sehat serta membantu kuatnya komunitas hewan – hewan di sekitarnya.

Rute Menuju Pantai Baros

Rute menuju Pantai Baros jika menaiki kendaraan pribadi yaitu melalui Pantai samas setelah itu baru menuju ke hutan mangrove. Jika perlu menginap, maka di sana ada beberapa tempat yang recommended untuk para traveler mulai dari vila sampai hotel.

Harga Tiket Masuk Pantai Baros

Harga tiket masuk Pantai Baros relatif terjangkau. Meskipun terjangkau, ada banyak kelebihan dari objek wisata tersebut yang sangat istimewa. Misalnya saja penangkaran hewan – hewan laut dan burung. Beberapa waktu yang lalu, anakan kepiting atau kroto dilepas di pantai ini untuk melengkapi ekosistem lautnya. Tidak hanya itu, beberapa jenis burung bahkan ditangkarkan dengan diberi makanan dan perawatan layak supaya bisa dipelajari baik oleh peneliti maupun anak – anak.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Objek wisata yang satu ini memang sangat menarik. Tidak hanya bisa bermain air atau berenang, para traveler dapat mengabadikan momen bersama hewan – hewan jika beruntung. Selain itu, pemandangan hutan yang hijau akan bisa membantu melepas kepenatan. Apabila masih ingin mencoba hal lain, ada perahu kecil untuk berpetualang santai di area perairan tenang tersebut.

Tidak hanya para traveler yang sudah memiliki jam terbang tinggi, keluarga dengan anak – anak pun bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat ini. Selain cukup aman, sejak tahun 2003 sudah banyak pengembangan fasilitas di sana sini untuk meningkatkan kualitas tempat wisata Pantai Baros.

Jika belum pernah kesana, sebaiknya datanglah pada pagi hari supaya bisa memaksimalkan momen santai dengan piknik dan makan – makan dekat area pohon mengrove. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan terutama jika dilewati bersama keluarga. Di saat liburan tiba akan lebih banyak pengunjung datang baik dari sekitar pantai hingga luar kota.

Para pemuda karang taruna di sekitar lokasi tidak habis – habisnya mengembangkan populasi hutan mangrove dengan menanam bibit di waktu luang. Saat ini, lahan mangrove yang menghampar sampai di angka 12 hektare. Luas tersebut tentunya diperoleh dari kerja keras semua orang yang mencintai alam dan bukan hanya satu pihak saja dalam waktu singkat.

Pantai Baros – Photo by @rahull_bike

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Baros

Oleh karena itu, jika Pantai Baros belum masuk ke dalam list tempat wisata di jogja yang akan dikunjungi liburan berikutnya, maka jangan sampai kelewatan. Selain indah objek wisata ini juga sangat menghibur dan mendidik anak – anak atau peneliti yang ingin lebih banyak tahu soal ekosistem laut dan hutan mangrove. Nikmati juga sunset di tempat ini yang sangat indah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.