Pantai Pasir Kadilangu – Pantai Pasir Kadilangu adalah salah satu objek wisata yang banyak diminati wisatawan domestik dan mancanegara. Lokasi Pantai Pasir Kadilangu sendiri ada di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654. Jika ingin pergi ke sana, jam operasionalnya cukup lama ykni dari pukul 6 pagi sampai 6 malam.

Pantai Pasir Kadilangu – Photo by @patrizagavynda

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Pasir Kadilangu

Bicara soal objek wisata pantai memang tidak pernah ada habisnya di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, banyak sekali pantai indah yang menghampar dengan keistimewaan masing – masing. Karena Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk dalam provinsi yang berada di bagian selatan Pulau Jawa, maka jumlah pantai selatannya juga amat banyak.

Pantai dengan koleksi hutan mangrove yang indah dan sudah mendapat penataan dari Dinas Pariwisata setempat ini memang cukup terawat dan fasilitasnya memadai. Berbeda dengan pantai yang belum terjamah Pantai Pasir Kadilangu menawarkan spot – spot instagramable seperti baground berbentuk hati dari bahan bunga yang cocok untuk foto – foto.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Kadilangu

Harga tiket masuk Pantai Pasir Kadilangu sangat terjangkau yakni Rp 3.000,00 saat hari biasa dan Rp 4.000,00 saat hari libur tiba. Selain itu, ada juga retribusi parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Tentunya, harga ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan biaya perawatan pantai. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para traveler untuk menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Pasir Kadilangu meskipun tidak ada petugas berjaga.

Pantai Pasir Kaldilangu – Photo by @soli_saroso

Rute Menuju Pantai Pasir Kadilangu

Untuk menuju ke sana, rute menuju Pantai Pasir Kadilangu bisa ditempuh melalui Jalan Wates sampai pertigaan Patung Kuda. Jika sudah sampai di Pertigaan Kuda maka berbeloklah ke kiri arah Purworejo. Jika ambil jalan lurus maka para traveler akan menjumlai Terminal Wates. Pada bagian pertigaannya, ambil belokan ke kiri menuju Pantai Congot. Dari Pantai Congot terus lurus saja di pertigaan dan jika melihat jembatan ambil jalan sebelah kiri menuju Desa Jangkaran yang memuat papan petunjuk rute tujuan.

 

Selain rute pertama, ada juga rute alternatif apabila para pengunjung sedang berada di area Kabupaten Bantul. Pertama – tama, pergi ke arah Jembatan Srandakan. Setelah itu akan ada penunjuk arah ke Pantai Glagah. Jika sudah sampai di Pantai Glagah meka tinggal mengikuti penunjuk arah hingga sampai ke Pantai Pasir Kadilangu.

Bagi para jomblo yang sedang patah hati atau lama sendiri, pantai ini akan sangat bisa mengakomodasi segala kegalauan menjadi karya fotografi instagramable. Bagaimana tidak, wisata di jogja ini cukup mempunyai banyak spot yang berbentuk hati atau diberi tulisan – tulisan galau yang semakin membuat melankolis traveler muda dengan hati bimbang. Namun tidak perlu khawatir, pengunjung couple yang ingin berbulan madu juga sangat bisa mengabil foto di hutan mangrove ini.

Jadi, keindahan dari Pantai Pasir Kadillangu memang sangat unik karena dapat mengakomodasi kebahagiaan pasangan yang ingin berwisata sekaligus para jomblo. Meskipun Yogyakarta merupakan provinsi dengan jumlah objek wisata sangat banyak, tetapi yang seperti ini memang hanya sedikit. Tidak heran, lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung apalagi ketika liburan tiba.

Pantai Pasir Kadilangu – Photo by @erny_ssw

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Pasir Kadilangu

Apa saja yang bisa ditemukan di Pantai Pasir Kadilangu? Para traveler bisa meniti Jembatan Api – Api yang unik dan berfoto di sana. Selain itu, banyak jajaran pohon mangrove yang amat meneduhkan untuk piknik tipis – tipis bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Jangan khawatir untuk merasa bosan karena di sana banyak hal yang bisa dikerjakan. Selain untuk melepas penat, pergi ke objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk relaksasi fisik.

Comments 0

Leave a Comment