Masjid Gedhe Kauman, Masjid Tertua Di Indonesia Dengan Berbagai Macam Kisah Sejarahnya

Wisata Masjid Gedhe Kauman Jogja – Tiket, fasilitas, lokasi, jam buka, rute menuju Masjid Gedhe Kauman. Kalau Anda datang ke Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia dan masih berdiri hingga saat ini. Bicara tentang Masjid Gedhe Kauman tentu saja tak lepas dari berbagai sejarah yang ada di dalamnya.

Wisata Masjid Gedhe Kauman

Berwisata Sambil Mengenal Kisah Sejarah Masjid Tertua di Indonesia

Jogja memang dikenal dengan berbagai destinasi atau objek wisatanya yang menarik. Bukan hanya wisata budaya, Anda juga bisa mengunjungi salah satu wisata budaya dan religi yang ada di Jogja. Yaitu Masjid Gedhe Kauman.

Masjid ini memiliki arsitektur kuno khas Jawa yang menarik. Bicara tentang Masjid Gedhe Kauman, tentu saja tak bisa lepas dari sejarah pembangunannya. Masjid ini merupakan bagian dari sejarah Kraton kasultanan Yogyakarta yang merupakan salah satu kerajaan Islam pada perundingan Giyanti di tahun 1755.

Delapan belas tahun setelah perjanjian tersebut dilangsungkan, Masjid Gedhe Kauman pun dibangun. Hingga saat ini, Masjid Gedhe Kauman sudah berdiri selama lebih dari 200 tahun. Dan merupakan satu – satunya masjid yang masih berdiri dengan usia setua itu. Selain itu, ada banyak potensi sejarah juga yang tersimpan di dalamnya.

Arsitektur Masjid Gedhe Kauman

Ketika Anda datang ke Masjid Gedhe Kauman, Anda akan melihat desain arsitektur klasik yang menarik. Desain ini dibuat dengan dasar filosofi yang menarik untuk diulas. Salah satunya adalah bagian atap masjid yang menggunakan system atap tumpeng tiga dengan mustaka. Desain atap ini mengilustrasikan kluwih dan gadha. Selain itu, desain atap ini juga mengisyaratkan tiga tahapan hidup yang dilewati manusia. Yaitu Syariat, Makrifat, dan Hakekat.

Sebenarnya, Masjid Gedhe Kauman yang saat ini ada bukanlah bangunan asli Masjid Gedhe Kauman yang pertama kali dibangun. Pada tahun 1867, pernah terjadi gempa besar yang menyebabkan bangunan masjid runtuh. Kemudian, masjid pun dibangun kembali dengan material baru yang khusus digunakan untuk membangun keraton.

Keunikan Masjid Gedhe Kauman juga ada pada pemasangan batu kali putih pada bagian dindingnya. Batu kali ini tidak dipasang dengan menggunakan semen atau unsur perekat lainnya. Selain itu, Masjid Gedhe Kauman juga dibangun dengan menggunakan kayu jati utuh yang umurnya telah mencapai 200 tahun lebih.

Masjid Gedhe Kauman terdiri dari beberapa bagian. Yaitu bagian utama masjid dan bagian pendukung seperti pawestren, yakihun, blumbang, dan serambi masjid. Bagian utama masjid adalah baian yang digunakan sebagai tempat sholat. Di bagian utama ini terdapat mihrab atau tempat imam memimpin sholat.

Pawestren adalah bagian yang dikhususkan untuk jamaah putri. Lalu yakihun yang digunakan sebagai ruang khusus peristirahatan para ulama, khotib, dan marbot masjid. Terdapat juga blumbang atau kolam dan serambi masjid.

Di area Masjid Gedhe Kauman juga terdapat KUA, Kantor Takmir, Pagongan untuk menyimpan gamelan Sekaten, Pajagan di sebelah kanan dan kiri gapura, serta regol atau gapura dengan bentuk Semar Tinandu di bagian pintu gerbang utama komplek masjid.

Lokasi Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman berada di atas keratin Yogyakarta. Secara administratif, Masjid Gedhe Kauman berada di Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu daya tarik yang dimiliki Masjid Gedhe Kauman adalah gaya arsitektur lama yang dimilikinya. Begitu Anda melihat desain Masjid Gedhe Kauman, Anda akan langsung teringat dengan suasana Kraton Jogja.

Jika Anda ingin datang ke Masjid Gedhe Kauman, Anda juga bisa sekalian berkunjung ke Kraton Yogyakarta dan alun – alun. Posisi Masjid Gedhe Kauman memang tidak terlalu jauh dari dua lokasi ini. Tepatnya di sebela barat samping alun – alun Utara.

Rute ke Masjid Gedhe Kauman

Anda bisa datang ke Masjid Gedhe Kauman dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Anda yang datang menggunakan kereta bisa turun di Stasiun Yogyakarta Tugu. Dari sini, Anda bisa menaiki bus yang akan berhenti di dekat Masjid Gedhe Kauman.

Ada beberapa rute bus yang bisa Anda pilih untuk menuju Masjid Gedhe Kauman. Yaitu Bis – KOR 1A dari Stasiun Yogyakarta Tugu, Bis – KOR 1B dari Kampus III Gedung Bonaventura, Sleman, Bis – KOR 2A dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Bis – KOR 2B dari RS Panti Rapih, atau bis – KOR 3A dari Calais Artisan Bubble Tea & Coffee.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa berjalan kaki atau menggunakan becak untuk bisa sampai ke Masjid Gedhe Kauman. Lokasinya yang tidak jauh dari 0 km kota Jogja memungkinkan siapapun untuk berjalan kaki dari 0 km Jogja hingga ke Masjid Gedhe Kauman.

Dari 0 km Jogja, anda bisa berjalan ke selatan melewati Jalan Pangurakan hingga ke perempatan. Lalu berjalan ke barat melewati Jalan Alun – Alun Utara, kemudian belok kiri ke pertigaan kebarat melewati Jalan Kauman. Selanjutnya, Anda tinggal menyusuri Jalan Kauman hingga menemukan Masjid Gedhe Kauman.

Kalau Anda datang dari Malioboro, Anda bisa menyewa becak yang ada di daerah Malioboro hingga sampai ke Masjid Gedhe Kauman.

Fasilitas di Masjid Gedhe Kauman

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Gedhe Kauman juga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seiring dengan hal tersebut, fasilitas yang ada pada Masjid Gedhe Kauman juga terus ditingkatkan. Sehingga, para pengunjung bisa merasa nyaman mengunjungi masjid tertua di Indonesia ini.

Masjid Gedhe Kauman sudah memiliki area parker yang memadai untuk para pengunjung. Selain itu, juga terdapat tempat penitipan sandal dan sepatu juga kamar mandi atau toilet sebagaimana fasilitas pada masjid umumnya.

Yang menarik, Masjid Gedhe Kauman juga memiliki fasilitas Radio Dakwah, Perpustakaan, Multimedia, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, ada juga Kantor Sekretariat pengurus yang membuat Masjid Gedhe Kauman ini memiliki system yang baik.

Masjid Gedhe Kauman juga rutin mengadakan kajian dan juga berbagai acara khususnya pada saat Bulan Ramadhan. Bahkan pada hari – hari khusus, Masjid Gedhe Kauman juga memiliki menu buka puasa special. Misalnya Gulai Kambing pada hari kamis.

Jam Operasional Masjid Gedhe Kauman

Meskipun kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata, Masjid Gedhe Kauman tetap menjalani fungsinya sebagaimana masjid pada umumnya. Jadi, Anda bisa mengunjungi Masjid Gedhe Kauman kapan saja. Khususnya pada saat – saat shalat wajib 5 waktu.

Tiket Masjid Gedhe Kauman

Untuk bisa berkunjung ke Masjid Gedhe Kauman, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Alias, Anda bisa mengunjunginya secara gratis. Akan tetapi, jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda akan dikenakan biaya parkir. Yaitu sebesar 2000 Rupiah untuk motor dan 5000 Rupiah untuk mobil. Segera buat rencana liburan Anda dan jangan lupa untuk memasukkan Masjid Gedhe Kauman dalam daftar tempat kunjungan paket wisata Jogja.

Sudah Berkunjung di Masjid Gedhe Kauman ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *