Wisata Malam Taman Lampion di Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali – Pada tahun 1946 sampai 1949, Kota Yogyakarta pernah menjadi ibukota Negara Indonesia. Karena pada masa itu, kota Jogja merupakan kota yang dipenuhi oleh pahlawan yang memperjuangkan penjajahan dan mempertahankan kadaulatan Negara Republik Indonesia. Berbagai peristiwa sejarah dapat anda saksikan di dalam monument Jogja kembali dalam bentuk diorama-diorama yang menarik.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @nurcahyadhita

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali didirikan di ring road utara dari kota Yogyakarta sebagai tanda untuk memperingati hari-hari yang paling bersejarah bagi kota Jogja sebagai ibukota Negara Republik Indonesia pada tanggal 6 Juli 1966. Monumen ini terdiri tiga lantai. Pada lantai pertama berisi museum, auditorium, perpustakaan, dan juga ada kafetaria sebagai tempat makan dan beristirahat.

Di lantai ke dua monument, terdapat 10 buah diorama menarik yang benar-benar mengilustrasikan bagaimana peerjuangan pahlawan-pahlawan di Kota Jogja dalam mempertahankan Negara Indonesia dari penjajahan Belanda pada tahun 1948 sampai 1949. Di sepanjang anak tangga terdapat gambar relief yang menggambarkan perjuanagn para penduduk Indonesia dalam menghadapi penjajahan Belanda.

Di sisi luar bangunan ini terdapat pula area halaman luas sebagai penggung pertunjukan atau diselenggarakannya acara-acara tertentu untuk meramaikan kegiatan di monument ini. Pada dinding-dinding monument ada sekitar 400 lebih nama-nama pejuang Indonesia dituliskan di sini untuk mengenang nama-nama mereka sebagai pejuang yang bersejarah.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @fitri_rufidahharis

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Lokasi monument Jogja kembali tepatnya berada di alamat Jl. Ring Road Utara Sariharjo Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. Untuk rute menuju monument jogja kembali dapat ditempuh dari perempatan tugu Jogja. Lurus saja ke arah perempatan ring road utara kemudian belok ke arah kiri atau ke barat. Lalu ambil jalan ke area putar balik arah yang sudah disediakan.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sekitar 50 meter, monument Jogja kemabali ada di sebelah barat dari perempatan ring road yang berada di sisi utara jalan. Dari luar sudah tampak jelas bangunan monument ini sehingga mudah sekali untuk diakses. Anda bisa mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum karena lokasinya yang mudah diakses di Kota Jogja ini.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Untuk harga tiket masuk monument Jogja kembali, anda cukup membayar seharga 10.000 rupiah per orang saja. Namun apabila anda pergi bersama rombongan yang berisikan lebih dari 30 orang, anda akan mendapatkan diskon sebesar sepuluh persen. Dan jika anda membawa rombongan murid TK dan panti asuhan, akan dikenai potongan harga sebesar lima puluh persen.

Monumen ini buka pada hari Selasa hingga hari Minggu pada jam 8 pagi dengan jam setengah 5 sore. Sedangkan untuk hari Senin tidak dibuka karena semua museum tutup pada hari Senin. Untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa datang pada pagi hari ataupun siang hari. Disarankan datang pada siang hari karena biasanya sering digelar acara pagelaran di monument ini.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @wahyu_ip_

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Monumen Jogja Kembali

Fasilitas yang terdapat di monument ini cukup bisa mempermudah pengunjung dalam berwisata ke tempat ini. Ada area parkir yang luas disediakan, telepon umum, dan juga kamar mandi atau toilet. Terdapat juga di sini area bermain untuk anak-anak. Jadi para orang tua yang datang bersama anaknya dapat ikut serta mengawasi anak-anak mereka sambil menemani mereka bermain.

Ada juga auditorium yang sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya beberapa acara resmi dan juga pemutaran film untuk para pengunjung. Jika anda merasa lapar, anda bisa singgah sebentar untuk makan siang di kafetaria yang ada di sini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *