Cerita Senja Yang Memikat di Pantai Kesirat

Pantai Kesirat – Berbeda dengan deretan wisata alam pantai yang ditawarkan di daerah Gunungkidul, Pantai Kesirat memiliki pesona dengan tebing karangnya yang unik dan berkarakter. Tidak ada pasir putih ataupun pemandangan dari gelombang-gelombang ombak yang menghiasi lautan. Hanya terdengar suara-suara deburan ombak yang kadang suka menabrak sisi-sisi karang tebing tersebut. Nuansa ini sangat berbeda dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Jogja.

Pantai Kesirat – Photo by @pejalan.biasa

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Kesirat

Lokasi Pantai Kesirat ini berada dibalik semak-semak yang tinggi. Terdapat pula sebuah pohon berada di tepi tebing karang tersebut. Pohon tersebut menjadi populer karena menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri untuk pantai ini. Sehingga banyak para wisatawan yang berdatangan dan menjadikan pohon tersebut sebagai objek foto mereka.

Ketika sore hari, pantai kesirat tidak banyak dikunjungi oleh orang-orang. Hanya ada bebrapa orang saja yang berada di sana. Kadangkala ada juga para wisatawan yang sengaja mendirikan tenda untuk bermalam di sana. Di sekitar lokasi juga banyak spot-spot memancing yang strategis. Jadi jangan heran apabila anda berkunjung ke sini, anda akan melihat beberapa orang sedang mengayunkan pancingannya ke arah pantai.

Pantai Kesirat – Photo by @imamywno

Terdapat sebuah pondok yang dibangun di tebing bagian selatan dari pantai yang digunakan untuk spot memancing yang strategis. Jika beruntung, anda akan mendapati para pemancing yang berusaha menangkap ikan dengan cara ngrendet, yaitu menebar jaring dari tebing ke tebing lainnya. Berhasilnya mendapatkan ikan-ikan tersebut apalagi ikan yang besar, tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi yang menangkapnya dan juga menjadikan hal tersebut sebagai tontonan yang menarik untuk pengunjung. Rute menuju Pantai Kesirat juga bisa dibilang mudah.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Tidak hanya ikan-ikan kecil saja yang hidup pantai ini. Ada banyak ikan-ikan besar hidup di sini juga. Menurut beberapa warga, ketika musim migrasi tiba, ikan-ikan besar seperti hiu tutul, paus, dan juga lumba-lumba sering terlihat di kawasan pantai tersebut. Kawasan laut yang berada di Selatan Jawa ini memang merupakan jalur migrasi dari ikan paus sei dan beberapa paus lainnya di bagian laut yang lain.

Pantai Kesirat – Photo by @irfanaziss

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Kesirat

Selain sebagai tempat wisata alam yang menarik, ternyata pantai kesirat ini kerap kali dijadikan sebagai salah satu tempat yang diskralkan oleh warga sekitar. Setiap setahun sekali, diadakan kegiatan ngalap berkah atau brubuh-brubuh. Tradisi tersbut dilakukan sebagai rasa syukur kepada pencipta karena telah membarikan alam yang seimbang. Dan juga kepada para warga beru yang turut menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon-pohon di sini.

Wisata alam pantai kesirat ini buka pada setiap hari sehingga anda bisa mengunjunginya kapan saja. Untuk harga tiket masuk pantai kesirat anda akan dikenakan biaya 5000 rupiah per orang. Ditambah lagi dengan biaya parkir kendaraan pribadi untuk motor sebesar 2000 rupiah dan mobil sebesar 5000 rupiah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.