Tes Adrenalin di Jembatan Pantai Timang

Jembatan Pantai Timang – Gunung Kidul memang terkenal dengan istilah surganya pantai. Wilayah yang berada di sebelah Tenggara dari Kota Yogyakarta ini memang selalu memiliki puluhan pantai indah dan sebagian besar masih sangat alami sekali. Tak heran jika wilayah ini menjadi salah satu primadona wisata yang terdapat di Kota Yogyakarta. Lokasi Pantai Timang tepatnya berada di alamat Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Timang – Photo by @annstsyaa

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Timang

Salah satu pantai yang menarik perhatian banyak masyarakat adalah Pantai Timang Tepus Gunung Kidul. Pantai ini sudah sangat sering masuk di liputan Televisi tanah air dan sangat terkenal hingga saat ini. Pantai Timang ini terkenal karena memiliki wahana yang paling banyak dinaiki oleh pengunjung yaitu kereta gantung,sebuah wahana yang digunakan pengunjung untuk menyebrang ke pulau kecil yang berada di tengah lautan. Biaya kereta gantung pantai timang cukup mahal dibandingkan dengan wahana lainnya yang terdapat di Pantai Timang.

Di sisi barat, pantai ini memiliki gugusan karang besar, curam, dan terjal. Kawasan ini berbatasan langsung dengan laut selatan, dan Pulau Timang. Daerah inilah yang menyimpan keunikan bagi Pantai Timang itu sendiri.

Wahana yang ada di Pantai Timang

Pantai yang sangat ikonik dengan bukit karang besar ini awalnya dikenal karena banyak nelayan yang mencari lobster di tempat ini. Pada saat itu, para nelayan tengah mempertaruhkan nyawa mereka agar bisa mencari nafkah di bukit karang Pantai Timang. Sejak kejadian tersebut, gondola itu kemudian menjadi sangat terkenal dan banyak yang ingin mencoba menaikinya. Oleh sebab itu dibangunlah wisata di lokasi pantai Timang dengan daya tarik utamanya Gondola atau kereta gantung pantai timang.

Wisatawan akan ditarik dengan sistem katrol untuk menyebrang ke Pulau Timang di atas deburan ombak laut pantai selatan denganjarak 98 meter dan ketinggian 9 sampai dengan 11 meter di atas permukaan laut. Rangkanya terbuat dari kayu dengan beberapa katrol besi, dan Sembilan tali tambang besar.

Sambutan wisatawan sangat baik dan cukup antusias untuk mencoba naik Gondola Pantai Timang. Harga tiket naik kereta gantung pantai Timang yang relative mahal ternyata tak menyurutkan nyali wisatawan untuk tetap mencoba menaiki wahana tersebut. Harga naik gondola pantai timang ini dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000 per orang pulang pergi.Menaiki gondola atau kereta gantung pantai timang dapat memacu adrenalin mereka dengan sensasi ekstrim yang luar biasa. Pantai Timang juga menyediakan spot selfie di bukit Karang bagi mereka yang gemar melakukan foto-foto selfie untuk di upload di social media.

Pantai Timang – Photo by @lisa__ang

Setelah gondola atau kereta gantung, Pantai Timang memunculkan lagi sebuah wahana baru yaitu Jembatan Gantung, merupakan jembatan yang digunakan untuk menyebrang ke pulau kecil dan dibawahnya berada tepat hamparan lautan dan suara ombak-ombak terdengar jelas. Disebut juga sebagai Jembatan Pantai Timang. Jembatan ini hampir sama dengan kereta gantung pantai Timang, namun jembatan ini dapat dilalui dengan berjalan kaki di atas jembatan. Tarifnya pun lebih murah dari kereta gantungnya. Dari atas sini, para pengunjung dapat menikmati secara langsung pemandangan lautan yang berada di bawah jembatan sembari berjalan menyusuri jembatan ini.Jembatan gantung tradisional ini dibuat oleh warga sekitar sejak tahun 1997 untuk mengambil hasil laut yang melimpah di Pulau Timang. Seiring berjalannya waktu, jembatan ini akhirnya dijadikan wahana di kawasan Pantai Timang.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Jembatan gantung Pantai Timang ini sangat menguji adrenalin para wisatawan yang datang. Karena mereka berjalan di atas lautan dengan ditemani ombak yang besar dari lautan. Keunikan dari jembatan gantung ini menjadi daya tarik pengunjung dan telah banyak diliput oleh televise swasta di Indonesia. Karena wahana ini bukanlah wahana yang modern melainkan wahana sederhana yang dibuat langsung oleh warga setempat. Jembatan pantai timang juga digunakan oleh warga setempat untuk mencari lobster yang ada di Pulau timang.

Melintas di atas ombak Pantai Timang yang cukup ganas dan bergelombang dengan angina laut yang kencang menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang bernyali kuat. Banyak sekali wisatawan yang penasaran ingin menybranginya. Namun, tak sedikit pula ada wisatawan yang memutuskan kembali lagi meski mereka baru melangkah beberapa meter dikarenakan ombak dari lautan yang besar membuat mereka takut untuk melangkah lebih maju. Ketika anda berhasil melalui jembatan ini, anda akan melihat keindahan Pulau Timang yang mempesona. Pulau Timang memang memiliki spot foto sekaligus spot memancing yang bagus. Pasalnya, di tempat wisata ini anda akan menemukan banyak sekali lobster dengan ukuran yang relative besar.

Rute menuju ke Pantai Timang

Rute ke Pantai Timang ini memiliki dua jalur untuk jalan menuju Pantai Timang. Untuk jalur yang pertama, Anda dapat melewati pantai Baron terlebih dahulu lalu berjalan ke selatan melalui pantai Indrayanti hingga tiba di pertigaan Tepus. Dari pertigaan tepus ini, anda harus ambil jalan ke arah pantai Siung hingga anda menemukan lapangan sepak bola. Disana telah terpampang plakat menuju Pantai Timang. Jika anda memutuskan akan pergi dengan memilih rute pertama ini, anda harus membayar biaya retribusi ketika memasuki pantai Baron.

Untuk rute yang kedua, anda dapat melewati jalan raya Baron, setelah tiba di pertigaan ambillah jalan ke arah kiri menuju Pantai Siung. Menyusuri jalan tersebut, anda akan langsung sampai di pertigaan Tepus. Setelah itu, ikutilah rute seperti yang dijelaskan pada rute pertama tadi. Jalan menuju Pantai Timang masih terjal dan jarak masuk dari jalan utama memakan waktu sekitar 40 menit. Hal ini membuatnya lebih sepi pengunjung disbanding pantai lainnya. Meski begitu, perjalanan yang ditempuh untuk sampai menuju tempat tujuan akan terobati dengan keindahan alam yang masih terjaga di Pantai Timang ini. Pepohonan hijau yang rindang tumbuh mewarnai putihnya pasir.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Timang

Bagi para wisatawan yang ingin memasuki kawasan Pantai Timang, dikenakan biaya tiket masuk Pantai Timang seharga 5.000 rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk tarif parkir motor dan kendaraan lainnya. Sementara untuk wisatawan yang ingin menaiki wahana disana dikenakan tarif biaya yang berbeda. Untuk tarif naik gondola atau kereta gantung pantai timang akan dikenakan biaya seharga 150.000 rupiah per orang, harga yang cukup mahal untuk menaiki wahana. Namun harga ini sudah termasuk harga pulang pergi menggunakan Gondola. Namun, bila anda merasa takut untuk menaiki kereta gantungnya, anda dapat mencoba menaiki wahana jembatan gantung yang biayanya lebih murah. Tarif naik jembatan gantung di pantai timang dikenakan biaya sebesar 100.000 rupiah per orang.

Pantai Timang – Photo by @munziralawi

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Timang

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berlibur ke Pantai Timang dan ingin mencoba nyali anda menaiki wahana disini? Bagi anda yang merasa tertantang ingin mencoba menaiki wahana kereta gantung ataupun berjalan menyusuri jembatan gantung pantai Timang, silakan datang saja ke Dusun Dnggolo, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Lokasi pantai Timang ini berjarak 50 km dari pusat Kota Ygyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.