Pantai Mbirit – Si Cantik Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai Mbirit – Kabupaten Gunungkidul memang kaya akan tempat wisata alam yang seakan-akan tidak pernah habis untuk dikunjungi. Di setiap sudut wilayah, pasti ada saja temapt-tempat wisata baru yang ingin dikunjungi. Apalagi Gunungkidul terkenal akan wisata pantainya yang indah. Salah satu pantai yang bisa direkomendasikan untuk dikunjungi adalah pantai mbirit. Pantai Mbirit ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena memang promosinya tidak terlalu besar sehingga jarang diketahui oleh banyak orang.

Pantai Mbirit – Photo by @nissafurqonita

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Mbirit

Jalan menuju pantai mbirit juga masih sulit untuk dicapai dan dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai lokasi wisata yang satu ini. Lokasi pantai mbirit berada di desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini letaknya juga persis bersebelahan dengan pantai butuh (terletak di sebelah timur) yang masih berada dalam satu kawasan dengan pantai mbirit.

Pantai Mbirit – Photo by @singmetosleepy

Untuk menuju lokasi pantai mbirit, ketika anda sudah sampai di area parkir dari Pantai Butuh, anda hanya tinggal pergi ke arah timur dengan berjalan kaki. Anda bisa bertanya kepada tukang parkir atau petugas sekitar untuk lokasi pantai mbirit agar tidak salah langkah. Ada beberapa rute menuju Pantai Mbirit yang bisa anda lewati, yaitu melalui susur pantai, atau jalan setapak yang nantinya melewati daerah perbukitan warga.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Jalan melalui susur pantai memang lebih cepat sampai namun cukup berbahaya karena terkadang bila gelombang sedang pasang, bisa membahayakan jalur perjalanan anda. Sebaiknya anda berjalan melalui jalanan setapak yang melaewati perbukitan warga saja meskipun jalanan ini harus memutar dan membutuhkan waktu yang lebih lama, jalur ini lebih aman untuk dilewati. Apalagi sesekali anda juga bisa menyapa warga sekitar. Untuk harga tiket masuk Pantai Mbirit bisa dibilang murah karena anda hanya cukup membayar biaya parkir saja.

Anda juga akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah berupa lading penduduk, tanaman-tanaman hijau padi yang tertata rapi, serta rerumputan di sepanjang jalan setapak yang cukup lebat. Jika anda lelah, anda bisa beristirahat sejenak di bawah rimbunnya pohon, dan untuk menghindari panasnya matahari yang terik. Beristirahat di sini sembari meminum minuman yang anda bawa akan melegakkan diri anda sejenak sebelum memulai untuk melanjutkan perjalanan.

Pantai Mbirit – Photo by @novianurdwijayanti

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Mbirit

Pantai mbirit juga cocok dijadikan sebagai spot memancing yang bagus. Tak heran jika anda berkunjung ke sini, anda akan melihat deretan pemancing mania yang sibuk menunggu tangkapan ikan. Jika anda memiliki pancingan, anda bisa membawanya ke sini dan ikut memancing. Spot terbaik untuk memancing adalah pada tebing-tebing yang curam dan arahnya menjorok ke laut lepas.

Air di sini juga sangat jernih. Anda bisa langsung turun ke pantai untuk menikmati jernihnya air sembari melihat ikan-ikan kecil berenang. Seperti melihat aquarium secara langsung yang alami. Pantai ini memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi petualangan anda di wisata alam pantai bagi anda yang senang bermain air.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.