Mengintip Keindahan Pantai Sadeng Jogja

Pantai Sadeng – Di daerah Gunungkidul Yogyakarta terdapat suatu wisata alam yang merupakan surge dari para pemancing ikan tanah air. Yaitu Pantai Sadeng. Di pantai ini, ada pelelangan ikan terbesar di daerah Yogyakarta dan menjadi salah satu sumber penyedia ikan di Kota Jogja dan Pulau Jawa. Jika anda mengunjungi tempat ini, akan terlihat beberapa nelayan yang sibuk mencari ikan.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Sadeng

Selain itu, anda juga bisa menyusuri jejak Bengawan Solo Purba sambil bersantai sejenak. Pada pagi hari petang, puluhan orang sudah berkumpul di dermaga pantai Sadeng untuk menantikan kapal yang pulang dari berlayar. Mereka menyambut para nelayan yang sudah menangkap puluhan ton ikan. Hasil tangkapan ikan-ikan tersebut lalu dibawa untuk dijual di pasaran.

Pantai Sadeng memang terkenal selalu ramai dengan aktivitas nelayan dalam mencari dan menangkap ikan. Jika ke sini anda akan melihat barisan kapal-kapal dengan berbagai ukuran. Kapal-kapal tersebut juga berasal dari berbagai wilayah di Jawa seperti Cilacap, Pekalongan, Semarang, dan juga Batang. Kapal-kapal tersebut berdatangan untuk menangkap sumber ikan dari pantai ini.

Pantai Sadeng – Photo by @karimatulluthfiani

Dulu Pantai Sadeng ini sangat sepi dan jarang dikunjungi oleh banyak orang. Ada mitos yang beredar bahwa pantai ini merupakan pantai wingit. Namun, seiring berjalannya waktu, para Nelayan mulai berlayar untuk mendapatkan ikan-ikan di pantai ini. Dan mereka semua telah mematahkanmitos tersebut dengan membawa pulang hasil tangkapan mereka yang cukup banyak.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Akhirnya, Pantai Sadeng pun berkembang menjadi pelabuhan ikan terbesar di pulau Jawa. Kabar ini terdengar hingga ke para nelayan dari berbagai daerah di Jawa untuk menangkap ikan di pantai ini. Hasilnya memang menggiurkan. Benar0benar ada banyak puluhan ribuan ikan segar yang bisa mereka dapatkan untuk dijual di pasaran. Lokasi Pantai Sadeng atau Pelabuhan Sadeng terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Meskipun begitu, anda tetap bisa menikmati keindahan lain dari pantai sadeng, apalagi jika bukan pemandangan alamnya yang eksotis. Anda juga bisa bersantai sejenak sembari bermain air dan pasir di sini. Jika anda beruntung, ketika berkunjung, anda bisa sekaligus mengikuti tradisi pelabuhan yang sering diadakan di sini yaitu sedekah laut.

Pantai Sadeng – Photo by @ennysugimin

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Sadeng

Setiap tahun, para warga mengadakan ritual tersebut sebagai rasa syukur mereka kepada sang Pencipta karena telah memberikan hasil tangkapan ikan yang melimpah guna mendapatkan rezeki yang cukup. Jika anda tertarik mengunjungi pantai ini, anda bisa langsung menuju Desa Pucung yang terletak di Kecamatan Girisubo Gunungkidul. Anda akan menempuh perjalanan 2 hingga 3 jam dari Kota Jogja untuk mencapai lokasi ini.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di sini dan akan menjadi pengalaman berharga untuk anda seperti memancing, menaiki kapal hingga ke tengah laut, mencicipi beberbagai macam kuliner, dan juga menyusuri jejak Bengawan Solo Purba sebagai symbol sejarah dari pantai ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *