Cantiknya Taman Bunga Matahari di Pantai Samas

Pantai Samas – Pantai Samas Bantul merupakan pantai yang terletak di bagian barat dari pantai Parangtritis Jogja. Lebih tepatnya Lokasi Pantai Samas berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden. Jaraknya sekitar 14 km apabila dari Bantul. Pantai ini sangat populer dengan keindahan alam yang dimilikinya. Disertai dengan angin yang kencang, ombak laut yang begitu besar, dan juga sungai-sungai serta danau air tawar yang membentuk telaga.

Pantai Samas – Photo by @wildhanputra_

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Samas

Telaga tersebut sering digunakan oleh penduduk sekitar sebagai pengembangan dari ikan dan juga udang galah. Bentuk dari bibir pantai ini cukup curam sehingga tidak disarankan bagi anda untuk menyebur ke dalam air tersebut karena sangat berbahaya. Meskipun tidak bisa bermain air di sini, anda tetap bisa menikmati keindahan laut yang disuguhkan oleh pantai ini.

Terdapat mercusuar patehan yang bisa anda naikki untuk menikmati pemandangan alam pantai yang luas ini. Terdapat juga usaha pemeliharaan ikan dan udang yang bisa anda saksikan di sini. Kadangkala, anda dapat melihat rangkaian dari upacara adat yang sering dilakukan di pantai ini. Beberapa upacara adat tersebut adalah sedekah laut, upacara kitab tumuruning mahesa suro, dan pentas seni budaya yang diadakan saat liburan dan musim lebaran tiba.

Pantai Samas – Photo by @riskypermata_amrp

Untuk harga tiket masuk pantai samas bantul ini, anda akan dikenakan biaya seharga 4000 rupiah per orang. Selain itu, ada harga parkir kendaraan pribadi yang harus anda bayar. Jika anda membawa mobil, harga parkir yang dikenakan adalah 5000 rupiah, sedangkan untuk motor adalah 2000 rupiah. Apabila anda berkunjung dari sekolah atau pusat pariwisata tertentu dengan menggunakan bus, maka anda akan dikenakan biaya 15.000 rupiah untuk parkir bus.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Kawasan pantai ini buka setiap harinya mulai pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore WIB. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pada siang dan sore hari. Karena anda bisa menikmati pemandangan di sini dengan jelas dan terang. Anda juga bisa berfoto di sini karena pemandangannya yang terlihat bagus. Berhati-hati dengan angin kencang yang akan membuat pose berfoto anda berantakan. Rute menuju Pantai Samas juga mudah untuk dilalui.

Fasilitas yang terdapat di pantai samas bantul cukup lengkap seperti toilet seharga 2000 rupiah, musholla untuk ibadah bagi kaum muslim, beberapa warung makan, area parkir yang luas, beberapa hiburan yang menarik, SAR, dan juga penginapan yang dapat digunakan untuk bermalam. Menjadikan lokasi wisata ini nyaman untuk dikunjungi.

Pantai Samas – Photo by @noviaramayanti

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Samas

Bagi anda yang berminat datang ke tempat ini, anda bisa langsung mengambil kendaraan pribadi anda menuju Bantul. Hingga sampai di perempatan palbapang, lurus saja hingga menuju Jalan Samas. Anda akan melihat papan petunjuk menuju lokasi. Ikuti saja arah dari papan petunjuk tersebut maka anda sudah sampai di lokasi tujuan.

Jangan lupa ajak serta keluarga dan kerabat anda untuk berlibur ke pantai yang mengasyikkan ini!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.