Sate Klathak Pak Pong, Sajian Unik Tusuk Sate Dari Baja Ruji Sepeda

Sate Klathak Pak Pong Jogja – Jam Buka, Harga Menu Makanan, Fasilitas, Lokasi, Rute Menuju Sate Klathak Pak Pong. Yogyakarta adalah satu kota di Indonesia yang tak hanya terkenal dengan objek wisatanya namun juga terkenal dengan berbagai menu sajian yang khas dan lezat. Salah satu makanan khas Jogja yang terkenal bernama Sate Klathak Pak Pong. Sate ini memiliki sisi menarik dan unik dibandingkan sate pada umumnya sebab daging yang digunakan ialah daging kambing yang dimasak dengan tusuk jeruji besi.

Sate Klathak Pak Pong

Sajian Unik Tusuk Sate Dari Baja Ruji Sepeda

Asal Usul Nama Sate Klathak

Bagi yang belum pernah mencicipi enaknya sate ini, maka jika ada waktu berkunjung ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk singgah di warung sate klathak Pak pong. Warung ini memiliki area yang sangat luas sehingga sangat tepat jika dikunjungi bersama teman-teman atau bersama rombongan.

Jika pengunjungnya cukup ramai, maka konsumen harus sabar menunggu beberapa menit hingga menu tersebut disajikan di atas meja. Banyak konsumen yang datang ke warung ini khususnya waktu akhir pekan atau selama waktu liburan. Sangat populernya warung sate ini bahkan bisa menghabiskan lebih dari 5 ekor kambing dalam sehari.

Sajian sate ini masih tergolong bisa dijangkau oleh konsumen sebab harganya masih bersahabat. Sate ayam, sate sapi atau sate kambing memang bisa ditemukan dimana saja. Namun tetap saja ada perbedaan dengan sate klathak.

Sebab dari cara pengolahannya, bumbu yang digunakan hingga alat tusuk yang digunakan pun berbeda dengan sate yang lain. Citarasa sate ini memiliki rasa yang khas daripada sate pada umumnya.

Lokasi Sate Klathak

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sajian unik yang lezat ini bisa menemukan warung sate klathak Pak Pong di Jalan Sultan Agung No. 18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Kabupaten Bantul.

Rute Menuju Sate Klathak Pak Pong

Setelah tahu lokasinya, kini harus tahu cara akses menuju lokasi tersebut.

  • Bagi konsumen yang mulai berjalan dari Jalan Imogiri Timur, kemudian lanjut perjalanan sampai bertemu KM 7. Setelah konsumen tiba di perempatan Pasar Jejeran, pilih jalur ke arah barat kurang lebih 500 meter dari perempatan jalan yang tadi. Nanti konsumen akan menemukan warung sate klathak Pak Pong di sebelah kanan jalan.

Jam Buka Sate Klathak Pak Pong

Sate klathak Pak Pong mulai beroperasi pada jam 10.00 WIB sampai jam 24.00 WIB. Jadi, konsumen sudah bisa menikmati sajian ini mulai siang hari hingga tengah malam.

Harga Menu Makanan Sate Klathak Pak Pong

Harga sate klathak Rp 24 ribu satu porsi, nasi putih Rp 3 ribu. Jika ingin tahu menu yang lainnya, konsumen langsung saja berkunjung ke lokasi ini. Sedangkan tengkleng ditawarkan dengan harga satu porsi Rp 37 ribu. Selanjutnya menu yang lainnya juga ditawarkan dengan menu yang bervariasi.

Daftar Menu Sate Klathak Pak Pong 2020
MenuHarga
Sate KlathakRp 24.000
Gulai BabatRp 20.000
Gulai DagingRp 24.000
TengklengRp 29.000
Nasi Goreng KambingRp 29.000
Tongseng DagingRp 24.000
Tongseng OtakRp 20.000
Tongseng KepalaRp 29.000
Teh PanasRp 5.000
Es TehRp 5.000
Jeruk PanasRp 5.000
Es JerukRp 5.000

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Keunikan Sate Klathak Pak Pong

Setelah pengunjung menemukan lokasi warung makan sate ini, selanjutnya akan tampak orang yang membakar sate di tepi jalan. Konsumen akan dibuat tertarik untuk mencicipi dengan kepulan asap yang harus lezat.

Keunikan yang paling utama dari sajian sate klathak ini ialah daging sate dibakar dengan tusukan yang terbuat dari ruji. Selain itu, ukuran sate lebih besar dibandingkan sate pada umumnya. Warung makan  sate klathak Pak Pong selain menyediakan sate juga menyediakan menu tongseng.

Keunikan selanjutnya dari sate ini menggunakan daging kambing yang masih muda, kemudian dipotong dan ditusuk menggunakan ruji sepeda motor. Alasan digunakan ruji sepeda karena dipercaya ruji ini dapat menghantarkan panas dengan lebih baik.

Sehingga daging yang dibakar pun bisa matang lebih merata, bukan hanya bagian luar saja yang matang namun juga bagian dalam. Bumbu yang digunakan hanya garam dan merica.

Meskipun tak banyak bumbu dan sangat sederhana ini bukan berarti rasanya tidak enak, bahkan memiliki rasa yang unik dan khas. Saat konsumen mencicipinya maka rasa dagingnya akan lebih terasa yang gurih alami.

Daging yang empuk sebab digunakan daging muda pun memiliki nilai cita rasa tersendiri bagi konsumen. Jadi, sate klathak menggunakan sambal kecap dan hanya menggunakan bumbu garam dan merica sehingga rasa gurihnya pun lebih khas dibandingkan sate pada umumnya.

 Jika dibandingkan dengan ukuran sate biasa, maka satu porsi sate klathak ukurannya hampir sama dengan dua atau 3 jumlah tusuk sate  biasa. Nanti akan diberikan satu piring nasi untuk pelengkapnya.

Menu Selain Sate Klathak

Saat berkunjung ke sate klathak  Pak Pong, seperti yang sudah disebutkan  di atas bahwa juga menjual tongseng, bukan hanya sate saja. Juga ada menu nasi goreng, tengkleng yang sajiannya menggunakan daging kambing. Satu porsi sate klathak terdiri atas kuah gulai dan dua tusuk sate.

Tongseng, daging kambing yang disajikan dengan kuah yang kaya akan kandungan rempah-rempah. Dimasak sebentar hingga bumbu yang digunakan meresap dengan baik ke dalam daging selanjutnya ditambah potongan kubis.

Juga ada menu bernama Kicik yang jika dilihat ada persamaan dengan tongseng, namun sajian kicik memiliki kuah yang lebih sedikit dibandingkan kuah tongseng. Bumbu pada menu kicik pun lebih meresap ke dalam daging.

Cara makan sate klathak cukup sederhana, pertama kuah gulai dituangkan  ke atas nasi panas . Kemudian nasi panas tersebut dimakan dengan satenya. Daging tersebut memiliki daging yang empuk, bahkan tidak prengus dengan gurih yang cukup terasa. Meskipun satu porsi hanya terdiri atas 2 tusuk sate, namun ukuran dagingnya cukup besar sehingga dua tusuk saja sudah bisa membuat konsumen kenyang.

Konsumen akan dimanjakan dengan kombinasi rasa manis dan gurih tengkleng. Daging yang digunakan daging kambing yang cukup empuk, sehingga konsumen bisa menggigitnya dengan mudah. Dalam satu porsi yang diberikan terdapat bagian lemak yang super gurih sehingga konsumen ketagihan untuk terus mencicipi menu  ini berkali-kali.

Keunikan selanjutnya dari menu minuman  yang  tersedia di warung ini. Tersedia teh dan jeruk panas dimana dalam penyajiannya tidak menggunakan gula pasir tetapi menggunakan gula bongkahan. Juga disediakan cawan kecil yang bisa digunakan oleh konsumen untuk menambahkan  air ke dalam gelas.

Fasilitas Warung Sate

Jika konsumen berkunjung ke warung sate klathak, maka ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya ada area bermain untuk anak-anak, juga tersedia area parkir yang luas. Selain itu juga ada toilet, mushalla dengan lokasi warung yang cukup luas.

Keamanan disini juga cukup terjaga jadi konsumen bisa menikmati sajian makanan dengan nyaman dan tenang tanpa perlu khawatir. Bahkan warung ini mempunyai beberapa satpam yang ditugas menjaga area ini, sehingga lebih  nyaman dikunjungi konsumen.

Nah, inilah penjelasan tentang sate klathak Pak Pong, salah satu kuliner Jogja yang wajib dicoba.  Setelah membaca sajian ini, apakah konsumen semakin tertarik untuk mencicipi sate ini? Jika ia langsung saja kunjungi warungnya dan nikmati kelezatannya. Namun, kalau Anda bingung harus ke mana, maka bisa mencoba paket wisata Jogja. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour.

Sudah Kulineran di Sate Klathak Pak Pong?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *