Grojogan Sewu Kulon Progo, Air Terjun Alami dengan Pesona Indah yang Masih Asri

Wisata Grojogan Sewu Kulon Progo  Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Grojogan Sewu Kulonprogo. Air Terjun Grojogan Sewu Jatimulyo ialah destinasi wisata air terjun yang berada di Kulon Progo. Namun jarak lokasi dari pusat kota Jogja cukup jauh tapi tetap akan menjadi wisata yang menyenangkan, jangan lupa manfaatkan paket wisata Jogja 2020.

Wisata Grojogan Sewu Kulon Progo

Eksotisnya Air Terjun

Grojogan Sewu Kulon Progo ialah objek wisata air terjun di antara banyak objek wisata air lainnya yang ada di Yogyakarta. Mulai dari alam, goa, pantai dan ini adalah wisata air terjun. Berbagai fasilitas disediakan di sini untuk kenyamanan pengunjung.

Sesuai dengan nama objek wisatanya, maka yang bisa dinikmati di sini ialah sensasi dinginnya air terjun yang jatuh dari pegunungan. Hijaunya pepohonan mendominasi lokasi wisata ini sehingga udara sejuk juga disuguhkan untuk pengunjung.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama untuk hari weekend atau pada waktu liburan tiba.

Aktivitas Ketika Berada di Air Terjun

Aktivitas yang bisa digunakan terutama untuk pengunjung yang suka air ialah mandi di bawah air terjun Grojogan Sewu Kulonprogo. Kemudian mengabadikan momen selama berkunjung ke objek wisata ini. Latar air terjun yang masih asri ini menjadi background yang bagus untuk foto-foto.

Menikmati air terjun sambil duduk di atas bebatuan juga sangat menyenangkan. Kondisi tenang yang bagus untuk merilekskan badan dari lelahnya aktivitas. Berkunjung ke air terjun ini juga jauh dari polusi sebab lokasi ini masih asri dan berada jauh dari pusat kota. Maka menjadi lokasi yang direkomendasikan untuk pengunjung yang menenangkan pikiran dari bau kendaraan, polusi udara, udara panas dan suaara bising mesin-mesin industry.

Mandi dan bermain air ialah aktivitas utama yang dilakukan pengunjung di lokasi air terjun ini. Menariknya di dekat air terjun ini juga ada sungai tanpa air terjun. Sungai ini juga menjadi spot untuk pengunjung yang lebih suka bermain air. Kemudian ketika sudah lelah silakan beristirahat di gazebo yang sudah disediakan.

Sensasi Menyenangkan Berkunjung Ke Air Terjun

Selain sejuknya udara sekitar, mendengar kicauan burung juga aktivitas yang menyenangkan saat berada di lokasi air terjun ini. Uniknya air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo ini berbentuk dengan beberapa tingkatan yang bahkan seperti perosotan sehingga mengasyikan untuk dinaiki.

Selanjutnya di bagian paling atas, ada sebuah kedung, disinilah pengunjung mandi. Tentunya air di pegunungan ini sangat segar untuk mandi atau sekedar membasuh muka. Tetapi bagi yang ingin mandi di kedung tersebut, harus berhati-hati karena kedung tersebut sangat dalam.

Pengunjung pun dapat menikmati aliran air yang ada di sekitar air terjun. Memang air terjun ini ada di tengah hutan, namun pengunjung tak perlu khawatir sebab sudah disediakan fasilitas yang lengkap.

Air terjun ini masih asri sehingga memang sangat bagus dikunjungi terutama untuk pelajar yang baru selesai ujian. Mengingat soal ujian yang sulit dengan belajar mati-matian  dan akhirnya otak butuh refreshing agar bisa berfungsi dengan baik kembali. Setelah musim hujan tiba, debit air terjun kembali banyak jangan lupa kunjungi bersama keluarga.

Tips Berkunjung

Mengingat lokasi air terjun Grojogan Sewu Kulonprogo yang sangat jauh dari pusat kota Jogja, maka agar perjalanan wisatamu tidak sia-sia sebaiknya ikuti tips berikut.

  • Berkunjung jangan terlalu sore karena ketika sore hari air terjun ini sudah ditutup. Kemudian juga jangan terlalu pagi.
  • Berkunjung dengan pakaian yang sopan  dan nyaman. Begitu juga dengan alas kaki yang digunakan, sebaiknya gunakan alas kaki yang tidak berisiko tergelincir.
  • Air terjun tentunya lokasi yang licin  yang rentan tergelincir jika tidak hati-hati. Maka perhatikan langkah kaki, jangan bercanda berlebihan agar tidak jatuh dan cedera.
  • Hindari buang sampah sembarangan, meskipun lokasi objek wisata ini di tengah hutan bukan berarti pengunjung dapat membuang sampah seenaknya.
  • Menjaga kebersihan baik itu dari plastik makanan ataupun plastik sabun mandi.
  • Membawa baju ganti jika tidak ingin pulang dengan baju basah untuk pengunjung yang ingin mandi di air terjun ini.
  • Jangan mandi di air yang dalam jika tidak bisa berenang,  tentu pengunjung tidak ingin  mati tenggelam di sini mengingat area mandi di spot atas yang cukup dalam.
  • Jika memang ingin mandi bawa peralatan yang lengkap baik itu dari sabun mandi dan pakaian ganti ataupun kain basahan.

Lokasi Grojogan Sewu Kulon Progo

Pengunjung dapat menemukan air terjun di lokasi Grojogan Sewu Kulonprogo di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55674.

Jam Operasional Grojogan Sewu Kulon Progo

Lokasi air terjun punya jam operasional Grojogan Sewu Kulonprogo yang dibuka setiap harinya untuk pengunjung mulai jam 08.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Rute Grojogan Sewu Kulon Progo

Rute Grojogan Sewu Kulon Progo sangat penting untuk diketahui mengingat  jarak yang jauh dari pusat kota. Kurang lebih 31,3 kilometer sehingga waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi pun sangat lama.

Pengunjung dapat mengambil jalur dari pusat kota Jogja kemudian melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan  menuju Jalan Wates. Kemudian perjalanan dilanjutkan hingga tiba di pertigaan pilih jalur arah selatan sampai melewati Jalan Ringroad Barat.

Nanti akan bertemu perempatan, kendaraan diarahkan ke barat menuju Jalan Godean. Kemudian melewati jalan Raya Kaligesing hingga di pertigaan ke arah selatan. Terus ikuti jalan  hingga sampai di lokasi yang dituju.

Fasilitas Grojogan Sewu Kulon Progo

Fasilitas Grojogan Sewu Kulon Progo disediakan wisata air terjun untuk pengunjung mulai dari gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Kemudian tersedia warung makan untuk pengunjung yang ingin mengganjal lapar boleh membeli makanan di warung tersebut. Kemudian ketika tiba waktu shalat pengunjung bisa menunaikan kewajibannya di mushalla yang sudah disediakan. Tersedia juga toilet umum dan tempat parkir.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Objek wisata inipunya harga tiket masuk Grojogan Sewu Kulon Progo dan juga mewajibkan pengunjung membayar dengan biaya yang sangat terjangkau sekitar Rp 6 ribu. Pengunjung boleh berkunjung menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk roda dua seperti sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu. Sedangkan untuk parkir mobil sebesar Rp 3 ribu.

Perlu diketahui bahwa lokasi air terjun yang masih alami ini tidak jauh dengan air terjun Grojogan Mudal, Air terjun Kembang Soka. Sehingga ketika berkunjung ke kecamatan ini bisa mengunjungi sekaligus 3 air terjun.

Apalagi rute menuju air terjun bisa ditemukan dengan gampang meskipun jaraknya yang sangat jauh dari pusat kota. Untuk bisa tiba di bagian atas air terjun tersedia anak tangga yang cukup banyak, maka pengunjung harus melewati anak tangga ini dulu.

Kini ada paket wisata Jogja 2020 yang bisa digunakan untuk kunjungan bersama keluarga menuju air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo. Tentu menyenangkan menikmati sejuknya air, bersenang ria dengan keluarga.

Sudah Wisata di Grojogan Sewu Kulon Progo Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *