Eloknya Panorama Air Terjun Randusari

Air Terun Randusari – Air terun randusari adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di daerah Dlingo bantul Yogyakarta. Kawasan air terjun ini sebetulnya jarang sekali terdengar dibandngkan dengan tempat wisata air terjun banyunibo dan juga air terjun lepo yang berada dalam satu wilayah yang sama. Awalnya, wisata ini dikenal dengan nama air terjun banyutibo, namun karena ada kesamaan nama dengan nama air terjun sebelumnya, akhirnya namanya diubah menjadi air terjun rendusari.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Air Terjun Randusari

Lokasi Air Terjun Randusari

Lokasi air terjun randusari ini terletak di kawasan dusun Rejosari desa jatimulyo kecamatan dlingo kabupaten bantul Yogyakarta. Asal-usul nama randusari ini berasal dari adanya keberadaan randu yang tumbuh di tepi air terjun wisata ini. Lebih tepatnya lokasi ini tepat berada di daerah perbukitan dari kapur dlingo yang berada pada sebelah timur kabupaten gunung kidul.

Rute Menuju Air Terjun Randusari

Letaknya juga cukuo dekat dengan tempat wisata alam lainnya yaitu bukit sri panjung dlingo yang juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati pemandangan air terjun terkenal sri gethuk. Rute meunju air terjun randusari yang paling mudah diakses dari pusat kota Jogja adalah melalui jalan wonosari ke pertigaan piyungan, tanjakan patuk, sampai tiba di perempatan puncak bukit patuk.

Kemudian anda bisa mengambil jalan kea rah dlingo dengan melewati tempat wisata watu amben. Ketika memasuki wilayah dlingo ini, cobalah untuk mencari lokasi desa jatimulyo dengan bantuan peta atau bertanya kepada penduduk sekitar. Dan dari situ sudah ada papan petunjuk menuju lokasi air terjun ini.

Air Terjun Randusari -Photo by @memerepa

Alternatif lainnya yang bisa anda tempuh untuk sampai di lokasi ini adalah dengan pergi ke arah selatan dari pusat kota Jogja menuju terminal bus giwangan lalu belok hingga ke jalan imogiri timur, ketika sudah berada di simpangan makam imogiri, anda akan melewati kebun buah mangunan dan hutan pinus mangunan. Dari situ anda terus saja hingga melewati puncak pinus becici yang akan mengantarkan anda menuju jalan jatimulyo dlingo bantul. Dan ikuti prtunjuk yang tertera lalu anda akan sampai di air terjun randusari.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sementara untuk perjalanan menuju lokasi wisata air terjun randusari ini dapat anda tempuh dengan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil pribadi. Menggunakan motor lebih direkomendasikan karena akses jalan ini lebih mudah ditempuh dengan kendaraan beroda dua tersebut. Jalan-jalan besar yang dapat dilalui dengan mobil tidak banyak dapat diakses karena masih sedikit. Maka dari itu anda dapat menggunakan motor untuk bisa melewati jalur-jalur sempit.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Randusari

Untuk harga tiket masuk air terjun randusari ini terbilang murah karena anda hanya perlu membayar seikhlasnya saja. Fasilitas yang terdapat di air terjun ini juga masih dikembangkan. Biarpun begitu di sini masih terdapat area parkir yang cukup luas dan juga toilet serta mushola. Ada juga beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Air Terjun Randusari – Photo by @wisnudian

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Air Terjun Randusari

Air terjun randusari sering dimanfaatkan oleh warga setempat untuk mengambil air karena airnya yang jernih dan juga bersih. Jika anda mengunjungi air terjun ini, anda juga akan dapat merasakan betapa beningnya air tersebut. Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah serta adanya gemercik suara air yang menenangkan.

Pada bagian dasar air terjun, anda akan melihat adanya kolam buatan yang dibangun sedalam tiga meter. Di sini, anda bisa bermain air dengan sangat puas. Namun tetaplah berhati-hati karena bebatuan di sekitar sini licin, jaga diri anda agar tidak jatuh.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *