Serba Serbi Tentang Objek Wisata Curug Banyunibo

Curug Banyunibo – Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah air terjun, misalnya saja Curug Banyunibo. Lokasi Curug Banyunibo adalah di Kabrokan Kulon, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751. Jika ingin mencari hingar bingar air terjun yang ramai, maka jangan memilih tempat ini. Tetapi apabila ingin merasakan kesegaran dan keasrian alam, maka objek wisata tersebut adalah jawabannya.

Curug Banyunibo – Photo by @emje24

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Curug Banyunibo

Sesuai dengan namanya yaitu “Banyu” yang berarti air dan “Nibo” yang berarti jatuh, objek wisata air terjun ini memang memberikan keindahan khas alam yang sangat unik dibandingkan lainnya. Karena masih jarang orang mengetahui lokasinya, tidak heran jika suasana di destinasi wisata tersebut masih nyaman dan private untuk siapa saja yang ingin melepas kepenatan dan menjauh dari keramaian.

Suasana Curug Banyunibo sangat menarik karena air terjunnya seperti muncul dari balik batu besar. Di sekitar batu besar itu ada banya pepohonan rindang layaknya setting dalam drama – drama kolosal. Jadi, jika ingin mengabadikan waktu di sana melalui foto maka hasilnya akan sangat instagramable. Selain itu, keasrian yang cukup langka ditemukan pada tempat – tempat wisata juga semakin menguatkan kecantikan dari destinasi ini.

Dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun yang mengalir deras di tengah hutan rindang menjadi daya tarik tiada duanya. Banyak pemuda yang menghabiskan waktu untuk menikmati wisata di jogja sambil bersantai dan main air. Air memang sumber ketenangan, mungkin itulah yang menjadi pertimbangan mereka saat bertandang ke Curug Banyunibo sebagai salah satu tempat berair super tenang dan nyaman.

Curug Banyunibo – Photo by @putriyulirahayu

Rute Menuju Curug Banyunibo

Rute menuju Curug Banyunibo ada beberapa, seperti lewat Ring Road atau Desa Krebet yang memang terletak dekat dengan lokasi ini. Supaya tidak sampai salah jalan, manfaatkan GPS atau bertanyalah pada masyarakat sekitar yang sangat ramah kepada pendatang apalagi traveler. Karena keramahan masyarakat di sekitar sana, tidak heran jika banyak wisatawan yang betah untuk menghabiskan liburan di tempat itu.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Sebenarnya, lokasi wisata ini sudah cukup ramai sejak tahun 2013 terutama saat liburan sekolah. Namun, di hari biasa jumlah pengunjung bisa dibilang sedikit. Ha ini tentu sangat lumrah karena memang saat sekolah atau instansi masuk tidak banyak orang yang memiliki waktu luang untuk berlibur di manapun termasuk tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Banyunibo

Jika penasaran dengan harga tiket Curug Banyunibo, maka tidak perlu khawatir karena saat ini belum ada jumlah harga untuk tiket masuk ke Curug Banyunibo. Jadi, pengunjung hanya perlu membayar jasa petugas parkir senilai Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 serta Rp 10.000,00 untuk kendaraan roda 4. Harga ini tentu sangat murah jika dibandingkan dengan sajian alam khas air terjun yang sejuk dan menenangkan.

Apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut? Karena Curug Banyunibo memang khusus untuk para pecinta air, maka akan sangat menyenangkan bagi pra traveler untuk bisa berenang atau bermain air di sana. Namun, jika ada wisatawan yang mengajak anak – anak sebaiknya berikan perhatian secara lebih mendalam.

Curug Banyunibo – Photo by @gunawanjir

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Curug Banyunibo

Untuk menuju ke puncai sumber air terjun butuh berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter. Apabila anak tidak kuat sebaiknya jangan diajak, kecuali ada orangtua yang sanggup menggendong mereka. Sebenarnya, air terjun ini sangat indah tetapi kadang ada beberapa orang lanjut usia atau anak – anak yang tidak kuat, maka tidak heran jika Curug Banyunibo rata – rata didatangi oleh pemuda dari pelajar SMP, SMA, atau mahasiswa baik dari dalam maupun luar kota.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.