Menyusuri Goa Cerme dengan Berbagai Kejutan Alam di Dalamnya

Goa Cerme Jogja – Tiket Masuk, Fasilitas, Rute, Lokasi menuju Goa Cerme. Goa Cerme yang berada di kawasan Bantul ialah objek wisata yang menyimpan kecantikan alami.  Panjang goa kurang lebih 1,5 km yang didalamnya ada sungai yang mengalir. Ornamen yang ada dalam goa pun masih terawat.

Menyusuri Goa Cerme

Eksotisme Goa Cerme yang Memukau

Pengunjung akan terpana dengan berbagai stalagmit dan stalagtit yang terdapat dalam goa. Bentuknya bervariasi  seperti sodastraw, moonmilk hingga flowstone. Ada juga yang berbentuk pilar dengan warna putih cemerlang yang indah. Keindahan ini memberikan pemandangan khas dari goa.

Juga terdapat air terjun yang tak kalah indah daripada ornament goa. Jika berkunjung saat musim hujan maka pengunjung dapat menyaksikan derasnya aliran air terjun. Memang air terjun tidak berukuran besar tetapi sudah cukup menarik saat dipandang mata, lengkap dengan bau goa yang menyengat.

Air terjun mini dalam dua sebagai ikon keindahan goa yang juga dikenal dengan air terjun seribu. Cahaya matahari masuk melalui goa dipantulkan dengan sangat indah bahkan cahaya ini digambarkan sebagai cahaya dari surga. Hewan penghuni goa khususnya kelelawar akan dijumpai dalam goa.

Uniknya goa ini berbeda dengan goa yang lain, sebab ada goa dalam goa. Jadi, tersedia goa-goa kecil dalam Goa Cerme yang memberi kesan tertentu bagi para wisatawan. Tersedia juga lumbung padi, watu gantung, grojongan sewu dan udara suci  di dalam goa ini.

Jika pengunjung ingin menginap maka tenda bisa didirikan di sekitaran goa. Akan disuguhkan hamparan kabut serta gunung berapi yang bisa dilihat dari lokasi.

Spot Foto Unik Goa Cerme

Ruangan goa yang gelap ditambah cahaya senter akan sangat indah jika diambil foto, tentunya harus pintar hunting. Goa Cerme menjadi objek yang sempurna bagi yang suka foto. Berbagai ornamen yang indah akan bagus sebagai latar belakang. Aliran sungai dari air terjun pun tak kalah indah jika diabadikan. Selain itu, kesan misterius di sini pun membuat hasil jepretan menjadi luar biasa. Jadi harus bisa mengambil sudut yang tepat sehingga menghasilkan foto yang professional.

Jika berkunjung jangan lewatkan berfoto di beberapa spot unik di goa ini. Pasalnya spot tersebut tak mudah didapatkan di goa yang lain. Seperti yang disebutkan ada goa dalam goa, ini pun bisa menjadi spot foto yang menakjubkan.

Tips Berkunjung ke Goa Cerme

Goa Cerme sebagai lokasi wisata alam yang tak biasa dan mungkin bagi sebagian orang, goa itu menyeramkan. Nah, untuk mematahkan anggapan tersebut silahkan kunjungi  goa ini. Agar perjalanan lancar dan menyenangkan berikut ada beberapa tips yang sebaiknya diterapkan.

  1. Saat berkunjung sebaiknya tak memakai baju sembarangan, utamakan baju yang nyaman dan bisa kering dengan cepat. Usahakan celana yang dikenakan bukan berbahan jeans panjang.
  2. Kondisi goa perlu diketahui lembab atau lebih ke basah jadikan lebih baik jika menggunakan sepatu boot. Atau jika tidak suka sepatu boots dapat menggunakan sepatu yang lainnya, usahakan tidak menggunakan sandal dan tidak masuk ke goa dengan kaki telanjang.
  3. Siapkan helm calving berguna untuk melindungi kepala saat berada dalam goa.
  4. Jika ingin membawa kamera, maka jangan lupa bawa tas anti air atau kanebo. Karena aliran air dalam goa ada yang menetes melalui stalagtit tentu berbahaya bagi kamera jika kena air, terutama jika kamera tersebut tak boleh terkena air.
  5. Terakhir, jangan lupa bawa senter yang sangat berguna saat masuk ke dalam goa.

Fasilitas Goa Cerme

Pengunjung Goa Cerme akan disuguhkan dengan beberapa fasilitas diantaranya tempat sampah jadi tak boleh buang sampah sembarangan. Ada tempat parkir kendaraan sehingga lebih aman. Tersedia toilet umum dan jika ingin masuk ke toilet membayar sebesar Rp 2 ribu.

Pengunjung yang ingin bertanya silahkan mendatangi pusat informasi. Ada mushola sederhana jadi bagi pengunjung muslim jangan  khawatir ketinggalan shalat. Tersedia kursi dari bambu untuk beristirahat serta warung makan yang sederhana menawarkan makanan lokal.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Lokasi dan Jam Operasional Goa Cerme

Pengunjung dapat menemukan Goa Cerme di Jalan Srunggo, Srunggo, Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55782. Goa ini selalu dibuka setiap harinya mulai dari jam 07.00 sampai jam 18.00.

Mulut goa berada di dusun Srunggo namun pintu keluar dari goa ini sudah masuk kawasan Ploso, Giritiro, Panggang, Gunungkidul. Sehingga bisa dibilang, lokasi goa ini terbagi ke dalam dua kawasan. Bagi pengunjung yang ingin menyusuri goa mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam atau 2 jam. Lokasi goa tak jauh dari pusat kota  dengan lokasi yang strategis bisa dikunjungi dengan mudah.

Rute Menuju Goa Cerme

Rute untuk sampai di Goa Cerme sebenarnya tidak sulit sebab sudah diaspal namun ada bagian yang sedikit menanjak serta berkelok. Serta ada juga sebagian yang masih berbatu.

  • Jika pengunjung berjalan dari pusat kota Joga maka gunakan jalur menuju terminal Gawang. Perjalanan diteruskan dengan memilih jalur menuju Imogiri Timur, terus berjalan hingga tiba di Imogiri Selopamioro serta lanjut untuk tiba di cerme. Sepanjang jalan terdapat papan petunjuk jadi akan memudahkan bagi yang bingung memilih jalur.
  • Jika pengunjung menggunakan kendaraan umum misalnya bus maka silahkan pilih angkutan umum mulai dari terminal Ginawang. Pilih bus yang jalurnya dari Jogja ke Imogiri berlanjut ke Cerme. Kemudian berhenti di terminal desa Cerme, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek hingga tiba di kompleks goa.

Harga Tiket Masuk Goa Cerme

Harga tiket untuk masuk Goa Cerme sangat terjangkau namun dibagi kedalam beberapa variasi.

  • Kunjungan pada hari biasa atau pada hari kerja maka dikenakan biaya tiket sebesar Rp 3 ribu. Sedangkan jika pengunjung ingin menikmati goa pada tahun baru atau pada hari besar misalnya hari lebaran maka harga tiket sedikit naik menjadi Rp 4 ribu.
  • Selanjutnya ada tiket untuk menyusuri goa sebesar Rp 3 ribu.
  • Saat berkunjung ke sini, menyusuri goa dipandu oleh pemandu wisata dan pengunjung wajib membayar sekitar Rp 50 ribu. Harga ini hanya dikhususkan untuk pengunjung berjumlah tidak lebih dari 14 orang. Sedangkan jika datang bersma rombongan lebih dari 14 orang maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10 ribu.
  • Alat dan perlengkapan lain untuk menyusuri goa dikenakan harga sebesar Rp 10 ribu.

Sedangkan untuk harga parkirnya jika berkunjung dengan kendaraan roda dua maka biaya parkir Rp 2 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 maka biaya parkir sebesar Rp 5 ribu. lebih baik berkunjung dengan kendaraan pribadi, lebih nyaman dan tenang.

Nah, inilah pemaparan Goa Cerme yang sebenarnya sebagai objek peninggalan sejarah yang hingga kini masih dikunjungi pengunjung. Keindahan dan ciri khas alami goa memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Khususnya untuk seorang yang suka fotografi, tempat ini sangat tepat dikunjungi.

Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil atau paket wisata Jogja yang memberikan paket wisata lengkap ke Goa Cerme Jogja. Anda juga bisa memilih tempat wisata jogja suka – suka melalui custom tour

Sudah Susur Goa di Goa Cerme Jogja?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *