Keindahan Tersembunyi di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal – Deretan pantai di Gunungkidul memang memiliki ciiri khas yang unik yaitu pasir putih alami yang menghiasi keinahan pantai-pantai di Gunungkidul tersebut. Salah satu pantai yang memiliki keindahan tersebut adalah Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Indrayanti yang juga berada di daerah Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal – Photo by @evakurniaputri

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul ini sendiri sudah menjadi objek wisata yang dikunjungi oleh banyak wisatawan sejak tahun 2012. Setiap tahun, para wisatawan yang mengunjungi pantai ini kian bertambah. Dikarenakan pengelolaan pantai ini cukup baik untuk dilakukan serta kebersihan pantainya selalu terjaga dengan baik. Jadi, banyak sekali orang-orang yang merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi. Lokasi Pantai Pok Tunggal sebenarnya mudah untuk di temukan, yakni beralamatkan di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Warga yang tinggal di daerah ini dan menjadi pengelola pantai ini selalu rutin dalam menjaga kebersihan pantai sehingga tidak ada sampah yang tersisa. Para pengunjung yang membuang sampah sembarangan di sini juga akan dikenakan denda sebesar 10.000 rupiah untnuk setiap sampah yang mereka buang sengan sembarangan. Karena keindahan pantai ini patut sekali untuk dilestarikan tanpa adanya sampah yang da[at merusak pemandangan alam tersebut.

Pantai Pok Tunggal – Photo by @kekeyu.motret

Nama Pok Tunggal sendiri terinspirasi dari pohon yang hidup di pantai tersebut yaitu Pohon Duras atau pohon pokok. Dan karena pohon duras hanya satu-satunya pohon yang hidup di pantai tersebut, makanya dinamakan Pok Tunggal. Para warga sangat menjaga kehidupan Pohon Duras dan tidak menebang pohon tersebut. Rute menuju Panti Pok Tunggal sendiri juga sangat mudah untuk dilalui.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Pantai Pok Tunggal memiliki panjang yang lumayan panjang apabila ditelusuri. Di sini juga terdapat bukit yang dapat dinaiki para wisatawan dan juga dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Keindahan dari pasir pantai yang putih dan deburan ombak yang besar menambah keindahan alam tersendiri bagi pantai ini. Sehingga wisatawan tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen ini.

Banyak sekali para wisatawan yang datang bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Pantai pok tunggal juga sering dijadikan sebagai lokasi camping oleh wisatawan yang berkunjung. Pokoknya, tempat wisata sangat direkomendasikan sekali untuk didatangi. Karena ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika mengunjungi pantai ini.

Pantai Pok Tunggal – Photo by @anggapermanasidik

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Pok Tunggal

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal tak kalah dengan fasilitas yang disediakan di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, cukup lengkap meskipun untuk menggunakan fasilitas tersebut, wisatawan harus membayar sejumlah uang. Seperti toilet umum yang dikenakan harga 2000 hingga 3000 rupiah. Lalu biaya parkir kendaraan pribadi setiap jam yang harganya 3000 rupiah dan bisa sampai 15.000 rupiah.

Payung pantai juga bisa anda sewa seharga 20.000 rupiah apabila anda merasa kepanasan.Lalu, untuk anda yang ingin duduk bersaantai menikmati pemandangan laut, anda bisa menyewa tenda dome seharga 60.000 rupiah. Lalu untuk melakukan camping, anda bisa membayar antara 5000 hingga 10.000 rupiah sebagai biaya perizinan untuk melakukan perkemahan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *