Kalibiru – Tempat Wisata Seru di Kulon Progo

Kalibiru – Kota Jogja memang selalu menghadirkan wisata-wisata alam yang begitu menarik perhatian. Sudah banyak wisata alam yang dibangun dan dirawat sedemikian rupa agar para pengunjung dapat menikmati nuansa alam yang indah. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di Jogja adalah wisata alam kalibiru.

Kalibiru – Photo by @angguncandraingwijayanti

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Kalibiru

Asal-usul nama Kalibiru berasal dari nama hutan yang sekarang sudah diolah menjadi wisata alam sedemikian rupa. Kalibiru berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Kawasan bukit ini merupakan kawasan bukit yang subur. Suhu udaranya juga sangat sejuk. Wisata alam ini dikelola sebagai tempat rekreasi, edukasi, dan juga permainan outbond lainnya.

Bagi anda yang senang berfoto-foto dengan pemandangan alam, Kalibiru juga menyediakan berbagai spot foto yang unik dan menarik. Selain itu, terdapat juga penginapan yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal sementara apabila anda datang dari luar kota Jogja. Tidak hanya itu, jika senang menyatu dengan alam, anda juga bisa melakukan camping di sini.

Lokasi Kalibiru

Lokasi kalibiru ini tepatnya berada di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kulon Progo Yogyakarta. Jika dari pusat kota Jogja, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km saja. Di sekitar kalibiru juga terdapat wisata-wisata alam lainnya seperti waduk sermo, air terjun sidoharjo dan juga kebun teh nglinggo. Pemandangan indah waduk sermo dapatanda lihat dari atas bukit ini.

Kalibiru – Photo by @fransrealestate

Untuk dapat mencapai ke bukit kalibiru, anda harus melewati jalanan yang cukup menanjak dan sedikit berliku. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi yang kuat agar bisa menanjak dan melancarkan perjalanan. Jangan membawa beban berlebih pada kendaraan anda agar tidak terasa berat ketika menyetir di jalan tanjakan.

 

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute Menuju Kalibiru

Untuk rute menuju kalibiru ini, terdapat beberapa rute yang bisa anda akses tergantung darimana anda datang. Berikut ini adalah rutenya :

  • Melalui rute sermo. Untuk menujukalibiru melalui rute ini, anda bisa berjalan menuju arah Sentolo kemudian ke daerah Pengasih. Lalu kemudikan kendaraan anda menuju alun-alun wates hingga melewati RSUD Wates, dari sana anda bisa langsung ke Beji lalu ke Sermo. Anda bisa langsung menuju Kalibiru setelah melewati objek wisata waduk sermo.
  • Melalui rute clereng. Rute ini memiliki jalanan yang tidak ada banyak tanjakan dan jalanan berliku, akses melalui rute ini juga cepat. Sama seperti rute pertama, kemudikan kendaraan anda hingga menuju pengasih, dari sana berbeloklah ke arah kanan menuju Clereng. Kemudian ikuti petunjuk rute menuju kalibiru. Maka anda akan sampai ke tempat tujuan dengan cepat.

Biasanya, para wisatawan yang ingin menikmati wisata alam lainnya akan menggunakan rute sermo karena mereka bisa mampir terlebih dahulu ke waduk sermo untuk menikmati wisata alam tersebut barulah mereka singgah ke Kalibiru. Biasanya juga tour seperti ini banyak ditawarkan oleh beberapa paket tour wisata di Jogja.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Untuk harga tiket masuk kalibiru, para wisatawan akan dikenakan harga 5000 rupiah per orang. Selain itu mereka juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan untuk mobil seharga 5000 rupiah dan motor seharga 2000 rupiah. Beberapa fasilitas yang terdapat di Kalibiru ini juga cukup memudahkan para wisatawan.

Kalibiru – Photo by @erwin_adi30

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Kalibiru

Ada fasilitas outbond untuk para pengunjung yang ingin bermain, tempat-tempat warung penjaja makanan, tempat penginapan, serta pemandangan alam yang indah yang ditawarkan dari wisata alam ini. Bagaimana? Tertarikkah anda untuk mengunjungi wisata alam ini?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *