Pantai Slili – Pantai Mungil yang Cantik di Jogja

Pantai Slili – Berkunjung ke berbagai wisata alam pantai yang berada di Gunungkidul memang merupakan hal yang sangat menyenangkan dan terdapat pengalaman pribadi unik untuk dikenang. Setiap pantai di daerah Gunungkidul memang memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan ketika mengunjungi wisata-wisata alam tersebut. Apalagi dengan suguhan pemandangan alamnya yang memukau.

Pantai Slili – Photo by @dhedie_prasz

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Slili

Bila anda ingin mengunjungi pantai yang kecil dan mungil, anda bisa berkunjung ke Pantai Slili. Ukuran pantai ini begitu kecil jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Lokasinya berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang terpisah di antara dua buah bukit. Meskipun pantai ini terbilang begitu kecil, namun keindahan yang ditawarkan begitu mempesona. Lokasi Pantai Slili berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang terpisahkan oleh 2 buah bukit.

Seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Slili juga dikelilingi oleh bebatuan karang. Pantai Slili juga sering disebut sebagai Pantai Watu Lawang yang artinya adalah batu pintu. Dan apabila anda melihat secara seksama pantai tersebut, terdapat sebuah pulau kecil yang bagian bawahnya terdapat sebuah lorong yang menyerupai pintu.

Pantai Slili – Photo by @ganjarviboy

Karena belum banyak orang yang mengetahui lokasi pantai ini, pantai Slili bisa menjadi salah satu alternative wisatawan yang menginginkan tempat yang sunyi dan juga sejuk serta membawa ketenangan dalam diri. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga para pengunjung dapat bebas bermain air di sekitar pantai ini. Berfoto di sini juga sangat bagus untuk dijadikan koleksi. Rute menuju Pantai Slili juga sangat mudah untuk di lalui, bila anda bingung maka anda bisa buka di maps pada browser anda.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Namun, apabila anda mengunjungi Pantai Slili pada hari minggu atau menjelang musim tanam, pantai ini mendadak akan ramai dikunjungi oleh para warga sekitar dan juga penduduk desa lainnya untuk menyaksikan keindahan laut yang beragam. Ada juga upacara sedekah laut yang sering diadakan sebagai symbol harapan warga agar mereka diberi keselamatan dan juga hasil panen yang melimpah.

Jika musim panas tiba, air laut di pantai slili akan surut dan hilang warna kebiruannya, laut akan terlihat berwarna hijau karena memang pantai ini banyak ditumbuhi oleh rumput laut. Para petani pun akan mencari udang, rumput laut, dan juga kerang di musim kemarau. Hingga pada musim tanam berikutnya, para petani akan tetap bertahan dengan sumber mata pencaharian yang dilakukannya.

Pantai Slili – Photo by @lutfianita

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Slili

Fasilitas yang terdapat di pantai Slili ini juga cukup memadai meskipun terbilang sebaga wilayah pantai yang kecil. Terdapat beberapa gubuk yang dibangun untuk para warga dan wisatawan apabila lelah setelah bermain di pantai seharian. Pepohonan yang tumbuh di sekitar gubuk juga memberikan keteduhan bagi warga. Harga tiket masuk Pantai Slili juga terbilang sangat murah.

Kamar mandi, toilet, tempat parkir, juga terdapat di sini dan bisa anda nikmati. Warung-warung penjaja kuliner nusantara dapat anda datangi di kala lapar melanda. Berbagai macam olahan laut yang diambil dari pantai bisa anda cicipi di sini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.