Anggunnya Keindahan Alam Puncak Dipowono

Puncak Dipowono – Ada puluhan bahkan ratusan tempat wisata yang didirikan di Kota Yogyakarta, salah satunya di daerah Kulon Progo. Di Kulon Progo, ada salah satu tempat wisata yang sangat hits di kalangan masyarakat yaitu Puncak Dipowono. Puncak Dipowono merupakan sebuah tempat wisata alam yang berbasis pegunungan yang menawarkan berbagai keindahan alam jika ada yang melewatinya.
Kawasan Kulon Progo memang memiliki potensi alam yang sangat bagus, maka dari itu pemerintah provinsi D.I Yogyakarta meresmikan beberapa pembangunan tempat wisata di beberapa tempat di Kulon Progo ini. Jika anda mengetahui wisata alam bukit canting mas, maka puncak dipowono ini hampir sama dengan tempat wisata tersebut.

Puncak Dipowono – Photo by @aconk_van_houtten

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Puncak Dipowono

Tempat wisatanya juga berada di satu kelurahan yang sama. Dan keduanya sama-sama memiliki latar waduk sermo sebagai keindahan alam dan juga bisa dijadikan sebagai spot foto berselfie ria. Agr didukungnya potensi alam puncak dipowono ini, sekumpulan orang yang membentuk Kelompuk Hutan Kemasyarakatan Sido Akur ini bekerja sama dengan para penduduk di sekitar daerah untuk mengelola tempat wisata ini.

Karena kedepannya, tempat ini direncanakan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas wahana yang akan menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat ini. Puncak Dipowono akan dilengkapi wahana menegangkan seperti flying fox dan beberapa macam tempat outbond lainnya. Dibangunnya wahana menengangkan ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di wisata alam Kalibiru.

Puncak Dipowono – Photo by @imamm.17

Lokasi Puncak Dipowono

Lokasi puncak dipowono tepatnya berada di sebuah dusun bernama dusun clapar 2 yang lokasi tempatnya berada di kawasan perbukitan atas. Puncak ini berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Bagi anda yang berencana pergi ke puncak dipowono ini, anda harus berhati-hati terhadap segala cuaca yang datang, jaga selalu kesehatan anda agar tidak mudah sakit akibat datangnya cuaca yang tidak karuan.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Rute menuju Puncak Dipowono

Selain itu, untuk menuju tempat wisata alam yang berada di atas bukit ini, anda bisa mengikuti rute menuju puncak dipowono dari Kota Jogja. Setirlah kendaraan pribadi anda dari kota Jogja menuju kota wetes dengan melewati jalan jogja-wetes. Jika anda sudah sampai di patung kuda kota wetes, anda ambil saja arah ke sebelah kanan jalan hingga menuju alun-alun dari kota wetes.

Setelah itu anda hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang tertera menuju waduk sermo. Anda akan menemukan sebuah papan petunjuk menuju wisata alam kalibiru. Tinggal ikuti saja petunjuk tersebut hingga ke pertigaan paling atas. Anda akan menemukan dua papan nama yang dimana jika anda mengambil arah kanan, anda akan sampai di wisata kalibiru. Namun jika anda mengambil arah kiri, anda akan langsung bisa menuju ke wisata alam puncak dipowono.

Fasilitas yang terdapat di puncak dipowono ini cukup memadai seperti adanya toilet, dan juga musholla. Dan jika anda merasa lapar, ada beberapa warung kecil yang bisa anda singgahi untuk membeli makanan. Makanan yang paling direkomendasikan adalah es dawet. Karena es dawet di sini sangat khas sekali dan rasanya begitu segar. Anda wajib untuk mencobanya.

Puncak Dipowono – Photo by @alf_rizk

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Puncak Dipowono

Tiket Masuk Puncak Dipowono

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berwisata di puncak ini? Untuk harga tiket masuk Puncak Dipowono ini anda hanya cukup membayar biaya tiket masuk puncak dipowono sebesar 12.000 rupiah saja. Bukan harga yang mahal bagi anda tentunya, apalagi dengan harga segitu anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam dan juga berfoto selfie di tempat yang sangat mengesankan ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *