Mau Selfie Tiduran Hingga Camping Di Malioboro? Bisa, Kunjungi Setiap Hari Selasa Wage

Selasa Wage Malioboro – Acara Selasa Wage, Fasilitas, Lokasi, Jam Acara, Kegiatan, Rute Menuju Selasa Wage Malioboro. Yogyakarta, selalu memiliki ciri khas dan menjadi kota yang kaya akan berbagai wisata menarik. Anda yang sedang berkunjung ke Yogya, atau Anda yang memang penduduk kota Yogyakarta. Pasti tak mau melewatkan berbagai wisata menarik dan kekinian untuk diikuti. Anda bisa menghadiri berbagai event istimewa, beberapa tradisi budaya suatu daerah, sampai dengan peraturan pemerintahan baru yang memberikan manfaat baru bagi sekitarnya. Anda mungkin memiliki banyak cerita dan warna yang berkesan dan menakjubkan dikala liburan, apalagi jika kota yang Anda pilih ialah Yogyakarta.

Mau Selfie Tiduran Hingga Camping Di Malioboro?

Bisa, Kunjungi Setiap Hari Selasa Wage

Salah satu daerahnya yang terkenal ialah Malioboro. Nah daerah satu ini menjadi destinasi yang harus atau bahkan wajib dikunjungi ketika berlibur ke kota Yogyakarta. Ini mengapa Malioboro selalu dipenuhi dengan berbagai toko jual accesories, toko mainan, toko kelontong tradisional, pakaian, makanan, pedagang kaki lima yang banyak sekali jenisnya, selain itu padatnya orang-orang hingga padatnya kendaraan pribadi, membuat Malioboro semakin terkenal. Namun, tahukah Anda bahwa Malioboro memiliki waktu dimana daerahnya bisa menjadi daerah yang sepi oleh kendaraan pribadi, juga pedagang kaki lima (PKL) loh.

Nah waktu itu adalah saat Selasa Wage, yang akan diadakan di maliobro. Hari itu, seluruh pedagang kaki lima didaerah malioboro dilarang berjualan, selain itu kendaraan yang boleh digunakan hanya berupa becak, dokar, sepeda, dan bus Trans Jogja. Bayangkan betapa lenggangnya jalan-jalan di daerah malioboro saat itu. Selain itu tentunya Anda bisa berselfie dengan bebas dan santai, tanpa adanya tampilan pedagang kaki lima. Bahkan beberapa kalangannya selalu bercanda bahwa pada hari itu Anda bisa tiduran disekitar jalan, bahkan melakukan camping saking lenggangnya dan kurangnya kepadatan jalan malioboro kala itu.

Pada Selasa wage ini para pedagang akan beristirahat dari seluruh aktivitas dagangnya, ini juga merupakan ketentuan yang diberikan oleh pemerintahan kota Yogyakarta. Pemilihan harinyapun sebenarnya tidak sembarangan, hari itu adalah hari dimana merupakan hari kelahirannya sultan hamengkubuwono X. Sesuai kesepakatan antara pedagang dan pemerintah kota Yogya. Para pedagang ingin malioboro terlihat berbeda dari biasanya, sebelum memasuki keesokan harinya juga, para pedagang bekerja sama melakukan ronda malam terlebih dahulu, dan kerja bakti secara massal.

Melalui kesepakatan itu, para pedagang menyetujui berbagai konsekuensinya berupa kehilangan omset yang biasanya mencapai, 1 sampai 1,5 juta perharinya. Kegiatan pengosongan PKL di daerah Malioboro ini diadakan dalam 35 hari sekali. Sehingga ketika pengosongannya terjadi, berbagai wisata bisa mengambil foto dan mengabadikan momen lebih keren. Kekosongan jalan malioboro akan diisi oleh masyarakat tempat, untuk melakukan beberapa kegiatan. Biasanya ada penampilan beberapa acara musik, atau beberapa kegiatan lainnya yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Sebelum Anda melakukan liburan, Anda mungkin bisa menandai satu hari di hari selasa wage, yang bisa Anda kunjungi dan rasakan juga sensasi ketika jalan malioboro kosong.

Lokasi Selasa Wage Malioboro

Untuk menuju ke Selasa Wage Malioboro lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau karena berada di jantung kota jogja. Lokasinya terletak di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

[artikel number=5 tag=”wisata-jogja” ]

Jadwal Acara Selasa Wage Malioboro

Jadwal Acara Selasa Wage Malioboro 2019
JamAcara
Hotel Grand Inna Maboboro
15.00 – 16.00 WIBTalkshow RRI
19.00 – 21.00 WIBKeroncong NAHOGA
Depan Eks. Kantor Dispar DIY
17.30 – 18.00 WIBFlashmob Wanita Budaya
19.00 – 20.00 WIBKonser Orkes Tiup Kayu dan Logam
Depan DPRD DIY Pintu Utara
17.00 – 17.15 WIBFlashmob satu Indonesia
17.00 – 17.30 WIBSenam Taichi
17.00 – 18.00 WIBMusic Akustik Transcoustic
Depan Gedung DPRD Pintu Selatan
15.30 – 16.00 WIBTalkshow radio Sonora bersama Dispar DIY
16.00 – 16.15 WIBTarian Tradisional Angguk
17.20 – 17.40 WIBTarian Tradisonal
18.00 – 18.20 WIBAkustikan
19.30 – 20.00 WIBLine Dance
20.00 – 21.00 WIBAkustikan

Rute Menuju Selasa Wage Malioboro

Tentu saja Selasa Wage bertempat di Jalan Malioboro. Yang sudah pasti kita tahu bahwa Malioboro adalah pusat jantung dari Kota Yogyakarta jadi semua wisatawan pasti sudah tahu lokasinya. Tempat para wisatawan dari berbagai daerah maupun luar negeri wajib mengunjungi Malioboro ketika di Jogja.

Fasilitas Selasa Wage Malioboro

Fasilitas yang ada di Selasa Wage Malioboro tentunya Jalan Malioboro yang tidak di lewati oleh lalu lalang kendaraan bermotor dan tidak adanya pedagang kaki lima (PKL). Akan ada spot – spot yang digunakan untuk berbagai macam acara budaya lokal, tarian tradisional dan musik. Yang di mulai dari pagi hari jam 06.00 WIB sampai malam hari jam 21.00.

Sudah Selfie ke Selasa Wage Malioboro?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *