Candi Sojiwan, Memiliki 12 Relief yang Menyimpan Cerita Kisah Bijak

Candi Sojiwan Jogja – Tiket Masuk, Fasulitas, Jam Buka, Rute, Lokasi Menuju Candi Sojiwan. Candi Sojiwan Jogja termasuk salah satu candi bercorak budha yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata bersejarah ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung pada musim liburan. Anda bisa menambah pengetahuan akan Indonesia yang kaya akan sejarah jika berkunjung ke Candi Sojiwan ini.

Anda bisa datang ke tempat ini dengan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa wisata. Wisata candi ini biasanya juga ada dalam paket wisata Jogja yang biasa menawarkan jasanya untuk menemani perjalanan menyenangkan Anda. Pilihan rekreasi ke tempat ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda.

Wisata Candi Sojiwan

Ragam Kisah Bijak di Balik Megahnya Bangunan Candi Sojiwan

Berada tak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan, Candi Sojiwan telah dibuka menjadi tempat wisata di tahun 2011 silam. Model bangunan dari candi ini hampir sama dengan gaya bangunan Candi Prambanan. Bentuknya tinggi dan terlihat ramping dengan atap yang mempunyai 3 susunan. Ada pula stupa besar dan kecil yang melengkapi keindahan candi ini.

Menurut sejarah, candi ini merupakan peninggalan dari Dinasti Mataram Kuno abad 8 sampai abad 10. Jika ditelusuri dari prasasti yang ditemukan, candi ini dibangun mulai dari tahun 842 hingga 850 M. Dengan luas sekitar 8140 , bangunan ini mempunyai 20 relief di kaki candi. Bangunan utama candi mempunyai ukuran sebesar 401 dan tinggi 27 m yang menghadap langsung ke arah barat.

Bangunan megah ini didirikan oleh Raja Balitung yang merupakan seorang raja dengan kepercayaan agama Hindu. Diceritakan bahwa Raja Balitung membangun candi ini dipersembahkan untuk neneknya yang bernama Nini Haji Rakryan Sanjiwana. Nama Sojiwan sendiri diambil dari nama nenek sang raja, Sanjiwana.

Sang raja memiliki hubungan yang dekat dengan sang nenek meskipun berbeda kepercayaan.  Sanjiwana, nenek Raja Balitug memeluk agama budha. Meskipun berbeda agama, kerukunan dan kehidupan yang harmonis tercipta dari sikap toleransi mereka. Jadi, wujud dari bangunan candi ini merupakan perpaduan antara candi corak Hindu dan budha.

Candi Sojiwan dikenal sebagai candi yang menyimpan banyak kisah bijak. Hal itu dikarenakan candi ini memiliki banyak relief yang berkaitan dengan cerita Pancatantra atau Jataka dari negeri India. Relief ini digambarkan dengan tokoh binatang. Diantara cerita tersebut adalah:

Relief Kera dan Buaya

Cerita dari relief ini sangat terkenal di kalangan masyarakat. Dikisahkan kera mempunyai otak yang cerdas sehingga bisa menipu buaya untuk menyeberangi sungai. Kisah ini menggambarkan manusia yang lemah dapat mengalahkan manusia yang kuat dengan akal yang cerdas. Cerita ini ada dalam Jataka bahasa Pali yang dikenal sebagai Sumsumara Jataka.

Relief Garuda dan Kura-kura

Bagian ini menggambarkan sebuah perlombaan antara burung garuda dan kura-kura. Gambar ini menceritakan burung garuda dan kura-kura yang sedang menyeberangi samudra yang luas.

Meskipun bertubuh kuat, namun burung garuda mengalami kekalahan. Kura-kura menang karena cara cerdik yang digunakannya. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan tubuh bukanlah segalanya, akan tetapi kekuatan akal dapat membuat keberhasilan.

Relief  Angsa dan Kura-kura

Relief ini mengisahkan tentang kura-kura yang dibawa terbang oleh sepasang angsa. Meskipun kura-kura hewan yang lambat, namun ia dapat terbang melihat indahnya dunia dengan kebaikan hati angsa. Gambaran ini dikenal luas dari kisah yang ada dalam Pancatantra atau Jataka.

Relief Gajah dan Setangkai Kayu

Gambaran dari relief ini memberikan pesan bahwa manusia hendaknya tidak bertindak seenaknya pada orang yang berada di bawahnya, karena orang kecil akan mengalahkan yang besar bila bersatu dan mempunyai kekuatan yang tak dapat dikalahkan.

Masih banyak relief lain pada bangunan candi ini. Setiap relief memiliki banyak pesan moral  tentang bagaimana menjalani kehidupan. Kisahnya sudah terkenal dalam dongeng masyarakat. Anda bisa mengajarkan hal baik pada putra putri Anda jika berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Candi Sojiwan Jogja

Lokasi Candi Sojiwan berada di dekat Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Tepatnya yaitu di Jalan Banjarsari, Kwaron, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi ini berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan jarak sepanjang 18 km.

Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama jika berangkat dari kota Yogyakarta, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini hanya sekitar 40 menit saja. Jalannya pun tidak sulit dan sudah mulus untuk dilewati kendaraan.

Rute Candi Sojiwan Jogja

Rute Candi Sojiwan dapat dengan mudah Anda temukan di papan jalan atau di aplikasi maps gadget Anda. Apabila Anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya tinggal belok ke arah kanan di saat sudah sampai di lampu merah yang ada di pintu gerbang Candi Prambanan.

Sesudah itu, Anda bisa mengikuti jalan hingga sampai melewati rel kereta api dan juga daerah persawahan. Jika sudah sampai di pertigaan yang pertama, Anda tinggal belok ke arah kiri dan bangunan candi akan Anda temukan dengan mudah.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-candi-jogja” ]

Fasilitas Candi Sojiwan Jogja

Fasilitas Candi Sojiwan dapat dikatakan masih terus dalam kegiatan pengembangan. Hal tersebut dikarenakan memang wisata candi ini tergolong belum begitu lama dibuka untuk umum. Pemugaran yang dilakukan pada tahun 2011 lalu masih terus disempurnakan hingga kini. Jika berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan menemukan beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya:

  • Taman dengan permainan anak-anak
  • Outbound area
  • Warung makan
  • Toilet atau WC
  • Tempat Parkir

Selain itu, Anda bisa menemukan pemandangan yang dapat menyejukkan mata di tempat ini. Pada bagian pelataran bangunan ini, terdapat padang rumput hijau yang bisa Anda gunakan untuk piknik bersama keluarga Anda.

Jam Buka Candi Sojiwan Jogja

Jam buka Candi Sojiwan sama seperti tempat wisata pada umumnya. Candi ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Anda bisa memilih untuk datang ke tempat ini di waktu yang tepat, agar dapat menikmati keindahan bangunan hingga puas. Di saat waktu libur tiba, tempat ini akan sibuk oleh kedatangan pengunjung. Jadi pastikan untuk memilih waktu yang tepat saat berwisata ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Candi Sojiwan Jogja

Harga tiket masuk Candi Sojiwan sangatlah murah. Anda hanya akan ditarik biaya sebesar Rp5.000 saja untuk tiket masuk ke dalam candi. Apabila Anda ingin masuk ke area taman untuk menyenangkan anak-anak, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja. Harga yang sangat murah bukan? Anda tidak perlu khawatir dengan biaya jika berwisata ke tempat ini karena harga yang dipatok sangat terjangkau.

Memilih berlibur ke tempat bersejarah merupakan hal yang bijaksana. Selain membantu melestarikan budaya dalam negeri, Anda juga memperoleh tambahan pengetahuan akan sejarah negeri.

Jika bingung untuk mengatur perjalanan rekreasi, Anda bisa menggunakan jasa wisata yang banyak tersedia, salah satunya adalah paket wisata Jogja. Liburan Anda akan menyenangkan tanpa perlu kekhawatiran.

Sudah Wisata di Candi Sojiwan?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *