Goa Kiskendo, Sepenggal Saksi Sejarah Pewayangan Sugriwo & Subali

Wisata Goa Kiskendo  Jogja – Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas, Rute Menuju Goa Kiskendo. Goa Kiskendo dapat ditemukan di tengah-tengah hutan di pegunungan menoreh. Namun kini hutan tersebut sudah menjadi area perkampungan sehingga ada jalan untuk berkunjung ke goa ini. Sekarang ini pun akan lebih mudah dengan adanya paket wisata Jogja 2020.

Wisata Goa Kiskendo

Suasana Goa yang Penuh Sensasi

Kisah-kisah yang menjadi sejarah Goa Kiskendo menjadi daya tarik besar bagi pengunjung datang ke goa. Goa ini sama seperti goa yang lainnya dengan kondisi goa yang gelap, dingin dan hening. Namun jangan khawatir sebab pemandu wisata sudah menyediakan helm dan senter.

Saat berjalan menuju goa, pengunjung akan disuguhi sensasi  khas. Mulai dari hembusan angin yang sejuk dan kencang membelai wajah pengunjung. Jalan yang dibuat diantara bukit baik di kanan maupun di kiri jalan. Sehingga pemandangan warna hijau sangat mendominasi.

Jarak dari pusat kota Jogja menuju Kiskendo memang cukup jauh. Tetapi objek wisata ini bagus dikunjungi bagi pengunjung yang suka bereksplorasi. Sebab lanskap yang indah ditawarkan selama perjalanan menuju Goa. Bahkan pemandangan tak akan hilang ketika pengunjung tiba di Goa.

Lanskap Perjalanan

Pengunjung berjalan dari atas kemudian menuruni anak tangga yang tak sedikit jumlahnya. Di pertengahan lokasi wisata ini tersedia area bermain untuk anak-anak yang bisa dinikmati pengunjung tentunya. Kemudian ada toilet yang juga letaknya di pertengahan dan akhirnya tiba di goa tersebut.

Tanah lapang berumput dilewati pengunjung yang akan menuju mulut Goa Kiskendo. Tanah lapang ini bisa dimanfaatkan untuk lokasi beristirahat sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Selain itu, juga ada pedagang yang menjual makanan berupa gorengan dan minuman, pengunjung yang lupa membawa bekal dapat membeli di pedagang tersebut. Bahkan hingga kopi juga tersedia di sini.

Namun saat ini sudah dibuat alat penerangan di dalam goa tersebut. Pengunjung diizinkan masuk meski tanpa pemandu wisata, jadi boleh menyewa pemandu dan boleh juga tidak. Tetapi umumnya para wisatawan yang datang berkelompok biasanya menyewa pemandu wisata.

Jalanan di dalam goa sudah bersemen sehingga memudahkan pengunjung menyusuri goa. Namun tetap juga perlu berhati-hati. Terutama karena tetesan air dari atas gua menyebabkan jalanan bersemen ini licin.

Kelebihan Goa Kiskendo

Goa Kiskendo memiliki kelebihan yang kemudian diangkat menjadi objek wisata. Kelebihan ini diambil dari berbagai kisah yang menyelimuti goa ini. Kisah ini kemudian bisa diceritakan kembali bagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Kiskendo ini ialah salah satu kisah yang berhubungan dengan pewayangan. Jika kembali ke masa lalu, maka Kiskendo  merupakan sebutan untuk kerajaan yang ada di bumi yang dikendalikan oleh manusia berkepala sapi dan kerbau, yaitu Lembusura dan Maesasura.

Kemudian datang pemilik asli kerajaan ini bertujuan untuk merebutnya yaitu Subali dan Sugriwo.  Kedua pemilik ini berwujud setengah kera dan setengah manusia untuk menghancurkan  Maesasura dan Lembusura.

Akhir kejadian ini Subali terkubur di bumi dan Sugriwo kembali ke langit. Namun Subali kemudian dapat muncul kembali dengan  menjebol tanah hingga terciptalah goa Kiskendo ini.

Pantangan Menyusuri Goa

Berkunjung ke Goa Kiskendo memiliki pantangan yang harus  tidak boleh dilakukan oleh para pengunjung. Pantangan tersebut diantaranya tidak boleh membuang sampah. Tidak boleh mengotori goa, kemudian tidak boleh berpacaran dalam goa serta goa juga tak boleh dicoret-coret. Gua bukan dinding seni kreatif untuk melukisnya dengan berbagai macam hiasan.

[artikel number=3 tag=”paket-wisata-alam-jogja” ]

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Goa Kiskendo agar lebih aman dan lebih nyaman sebaiknya perhatikan tips-tips berikut.

  • Sebaiknya berkunjung jangan terlalu sore karena akan tiba malam hari di goa. Sehingga pagi sekitar jam 09.00 ataupun jam 10.00 ialah waktu yang tepat untuk berkunjung.
  • Patuhi semua peraturan yang ada di lokasi wisata ini selama berkunjung.
  • Jangan melanggar pantangan yang ada di sini, buang sampah di tempatnya, jangan pacaran serta tidak boleh mengotori area goa.
  • Patuhi dan dengarkan arahan dari pemandu wisata untuk pengunjung yang menyewa pemandu wisata.
  • Jika tidak menyewa pemandu wisata sebaiknya berjalan bersama teman-teman agar tidak tersesat nantinya.
  • Bawa perlengkapan selengkapnya terutama untuk minuman dan makanan.
  • Jangan membawa barang berlebihan, yang penting dan yang benar-benar dibutuhkan saja yang dibawa.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan semua momen yang dilewati.

Lokasi Goa Kiskendo

Lokasi Goa Kiskendo dapat ditemukan di Jalan Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55674.

Jam Operasional Goa Kiskendo

Jam operasional Goa Kiskendo selalu dibuka setiap harinya untuk kunjungan mulai jam 09.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Rute  Menuju ke Goa Kiskendo

Untuk bisa tiba mengikuti rute Goa Kiskendo tentu harus tahu dulu rute menuju lokasi. Nah, bagi pengunjung dari pusat kota Jogja silakan arahkan kendaraan ke barat melewati jalan  Kh. Ahmad Dahlan kemudian lurus menuju jalan Wates.

Selanjutnya setelah tiba diperempatan  lanjut jalan ke utara melewati Jalan Siliwangi dan jalan lurus terus. Kemudian tiba di perempatan lagi dan berjalan kea rah barat melewati jalan Godean. Lanjutkan jalan lurus terus menuju Jalan Raya Kaligesing. Terus ikuti jalan hingga tiba di lokasi yang dituju.

Perlu diketahui bahwa jarak dari pusat kota Jogja ke lokasi Goa cukup jauh kurang lebih 30,6 km sehingga waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam lebih.

Fasilitas Goa Kiskendo

Fasilitas Goa Kiskendo yang bisa dinikmati oleh pengunjung saat berkunjung ke  yaitu area parkir, loket untuk pengambilan tiket atau karcis, beberepa kios juga tersedia sehingga pengunjung dapat membeli makanan ataupun minuman.

Kemudian juga ada tempat infromasi, tersedia papan informasi, taman bermain untuk keluarga, taman bermain untuk anak-anak. Tersedia toilet, gazebo serta panggung kesenian sehingga bisa dibilang fasilitas di sini cukup memadai.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Masuk ke Goa Kiskendo ini dikenakan biaya tikat masuk yang sangat murah yaitu sekitar Rp 5 ribu per orang. Objek wisata religi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Untuk sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000 sedangkan untuk parkir mobil sebesar Rp 5 ribu. Untuk jasa pemandu wisata dikenakan biaya sebesar Rp 40 ribu. Untuk pengunjung yang ingin menggunakan senter dan helm dikenakan biaya sewa sebesar Rp 5 ribu.

Berkunjung ke Goa Kiskendo ini bisa dijelajahi bersama keluarga ataupun pasangan. Khususnya pasangan yang sah ya sebab goa ini bukan tempat untuk berpacaran, makanya hindari datang bersama pacar.

Berkunjung ke goa juga se buah kegiatan refreshing terutama bagi yang sudah bosan selalu jalan ke mall, restoran. Begitu juga bagi yang sudah jengah dengan kondisi hiruk pikuk perkotaan maka goa bisa menjadi alternative yang bagus untuk dikunjungi. Saat ini ada paket wisata Jogja 2020 yang bisa dipesan untuk pengalaman wisata menyenangkan.

Sudah Wisata di Goa Kiskendo Jogja ?

Kalau sudah berikan rating review dibawah ini dengan klik tombol bintang dibawah ini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *