Eloknya Terumbu Karang di Pantai Kukup

Pantai Kukup – Satu-satunya wisata pantai alam yang terkenal dengan kekayaan laut dan berbagai macam ikan hiasnya adalah Pantai Kukup Wonosari Yogyakarta. Di pantai ini terdapat pula sebuah goa yang sangat teduh dari sinar matahari. Pantai Kukup di Jogja sudah seperti tanah Lot di Bali. Di pantai ini pula terdapat spot gardu pandang yang sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lokasi pantai kukup berada tepat di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Kukup – Photo by @edyjunarko

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Kukup

Untuk harga tiket masuk Pantai Kukup ini sangatlah murah. Hanya dikenakan biaya sebesar 10.000 per orang, maka anda sudah dapat bermain dengan puas di bibir pantai dan berfoto selfie dengan latar belakang alam yang indah. Selain itu, jika anda membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir sebesar 5000 rupiah untuk mobil dan 2000 rupiah untuk motor.

Pantai Kukup – Photo by @edypratiwisun_

Seperti pantai-pantai lain pada umumnya, terdapat pasir putih dan bersih yang menyelimuti setiap pantai. Memang lokasi pantai ini tidak seluas Pantai Parangtritis yang berada di kabupaten Gunungkidul. Hanya saja, anda akan menemui banyak sekali biota laut yang banyak ikan hias yang beragam. Anda juga akan menemui deretan pedagang yang menjual ikan-ikan hasil tangkapan laut. Anda bisa membeli ikan-ikan tersebut jika anda mau.

 

Di dalam satu kawasan pantai kukup terdapat gedung aquarium besar yang berisi aneka ragam ikan yang bisa anda lihat. Terdapat juga sebuah pulau karang kecil dan di bagian atasnya terdapat spot gardu pandang yang dapat anda gunakan untuk menikmati pemandangan laut yang indah. Pulau tersebut tersdambung dengan jembatan panjang yang menghubungkan pulau dengan gardu pandang. Sehingga apabila ingin menuju gardu pandang, anda harus mnaiki bukit di pulau terlebih dahulu.

Masyarakat sekitar yang tinggal di daerah tersebut sering sekali melakukan upacara adat berupa sedekah laut sebagai symbol rasa terima kasih mereka kepada sang Pencipta karena telah memberikan kekayaan alam sedemikian rupa. Hal tersebut juga didasari oleh legenda yang beredar di Pantai Kukup tersebut. Rute menuju Pantai Kukup ini juga sangat mudah untuk dilalui.

Pantai Kukup – Photo by @darajusty

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Kukup

Fasilitas yang terdapat di pantai ini cukup lengkap mulai dari warung penjaja kuliner khas pantai, pendopo, pondok wisata, kios-kios yang menjual aneka ragam cinderamata, hotel dengan kelas melati, dan juga toilet serta tempat parkir yang luas yang tidak ketinggalan. Bagi anda yang beragama muslim, anda bisa melaksanakan ibadah sholat di salah satu musholla yang tersedia di sini.

Berkunjung ke pantai Kukup merupakan sebuah ide liburan yang sangat tepat. Di sini, anda juga bisa berenang di kolam renang pantai kukup yang terkenal sangat eksotis di Jogja. Di pantai ini juga, anda bisa menikmati sunrise atau sunset yang indah, dan cocok dijadikan sebagai objek foto pemandangan alam.

Info Menarik Lainnya Untuk di Baca

Keunikan Tempat Wisata Kedung Pengilon Kedung Pengilon - Objek wisata alam berupa air terjun di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu objek wisata di daerah Provinsi Yogyakarta ya...
Perpaduan Unik Air Terjun dan Laut Selatan di Pant... Pantai Jogan - Jika Agenda wisata Anda menuju kota Jogja, maka sebaiknya masukkan tujuan untuk mampir ke Pantai Jogan. Pantai ini memiliku keunikan ya...
Serba Serbi Tentang Objek Wisata Curug Banyunibo Curug Banyunibo - Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah air terjun, misalnya saja Curug Banyunibo. Lokasi Curug Banyunibo ada...
Menggali Sejarah Tentang Candi Sambisari Jogja Candi Sambisari - Sudah pernah berwisata ke daerah yang memiliki candi? Tentu sebagian besar sudah pernah, dan candi yang populer seperti Prambanan da...