Keindahan Alam di Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Pantai Nguyahan – Masih berada satu kawasan dengan pantai ngobaran, kini ada satu pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Yaitu pantai nguyahan Gunungkidul. Meskipun kawasan wisata alam ini masih dalam pengembangan, keindahan yang dimiliki oleh pantai ini menjadi ciri khas tersendiri untuk pantai tersebut dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Pantai Nguyahan – Photo by @auliadocent

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Pantai Nguyahan

Lokasi Pantai Nguyahan berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya berada di dekat pantai ngobaran dan masih terdapat di dalam satu wilayah dengan pantai tersebut. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda hanya perlu menyusuri jalan ke arah barat dan mengikuti jalan besar yang terdapat di panti ngobaran. Pantai nguyahan tidak sepopuler pantai ngobaran dikarenakan masih tergolong pantai yang baru.

Jika dilihat dari kondisi alamnya yang alami, pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini sangat menarik dan juga emmikat mata. Di sekitar bibir pantainya, terdapat lantai karang yang luas dan menjorok jauh ke arah selatan. Pantai nguyahan ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang menarik. Menjadikan pemandanga di pantai ini lengkap dengan nuansa alamnya yang memukau. Ditambah lagi air lautnya yang cukup jernih. Harga tiket masuk Pantai Nguyahan juga cukup bisa dibilang bersahabat alias murah, anda bisa masuk cukup dengan membayar biaya parkir saja.

Pantai Nguyahan – Photo by @mubarak_yk

Area pantai yang cukup luas dan air lautnya yang cukup dangkal dapat membuat anda bermain air sepuasnya di sini. Jika anda suka, anda juga bisa berenang di sini. Kawasannya juga cukup aman untuk anak-anak sehingga anda bisa mengawasi anak anda bermain dengan tenang. Karang di pantai ini juga cukup luas sehingga anda dapat melihat berbagai terumbu karang dan aneka biota laut seperti kerang, rumput laut, ikan kecil, dan lain sebagainya.

 

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja” ]

Ketika air laut sedang surut, para pemancing memanfaatkan hal tersebut untuk menangkap ikan yang mereka inginkan. Biasanya, untuk pergi ke tempat pemancingan, mereka harus berhalan ke selatan hingga ke daerah yang tidak ada lantai karangnya. Memang cukup jauh perjalanannya, namun hal tersebut menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi mereka. Jika anda ingin memancing juga, berhati-hatilah dan pastikan anda didampingi oleh warga sekitar. Rute menuju Pantai Nguyahan juga sangat mudah.

Pemandangan di pantai nguyahan ini dapat anda nikmati dari atas bukit yang terletak sebelah timur pantai. Dari atas bukit tersebut, anda bisa menikmati pemandangan alam dari pantai Nguyahan secara keseluruhan. Lengkap beserta bukit-bukit yang ditupmbuhi dengan pepohonan hijau. Anda juga dapat melihat kawasan pantai Ngobaran yang luas.

Baca juga: Rental Mobil Jogja Untuk Berlibur ke Pantai Nguyahan

Fasilitas yang terdapat di pantai nguyahan ini adalah tempat untuk berteduh. warung penjaja makanan bagi anda yang lapar, kamar mandi, dan juga area parkir yang luas bagi anda yang tidak ingin berjalan kaki dari pantai ngobaran menuju lokasi. Ada juga kios-kios yang menjual aneka cinderamta yang bisa anda beli untuk oleh-oleh kepada kerabat terdekat anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.